Foto : Anggota DPRD Palembang Akbar Alfaro Saat Memberikan Bantuan Kepada Warga Korban Kebakaran

 

PALEMBANG,HS – Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan kepada korban kebakaran di Sematang Borang yang diketahui merupakan anak yatim piatu. Anggota DPRD Kota Palembang, M Akbar Alfaro, meninjau langsung korban kebakaran, Rabu (2/10). Anggota DPRD kota Palembang periode 2019-2024 tersebut melihat langsung kondisi kebakaran rumah yang terjadi di kelurahan Sematang Borang.

“Kedatangan saya hari adalah sebagai wakil rakyat, meskipun saya terpilih dari Dapil V (Plaju – SU 2) tapi saat ini saya menjadi anggota DPRD untuk seluruh masyarakat kota Palembang tanpa terkecuali” ujar Akbar.

Dalam kunjungannya, Akbar menyampaikan bahwa pemerintah baik RT, kelurahan, kecamatan dan dinas terkait untuk dapat mendampingi proses pembangunan kembali rumah korban sampai selesai.

“Bagi saya ketua RT, lurah, camat adalah perwajahan pemerintah kota. Dan sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk mendampingi bukan sekedar datang hanya dalam bentuk seremonial saja. Tapi mendampingi untuk semua hal khususnya berkenaan dengan hal teknis seperti bantuan materi, administrasi dan lain sebagainya sampai kondisi keluarga ini dapat pulih kembali. Karena jika tidak saya akan panggil lurah dan camatnya” tegas Akbar.

Akbar juga mengatakan bahwa kebakaran rumah yang terjadi secara perseorangan seperti ini harus di akomodasi oleh APBD, tidak sekedar bencana yang berskala besar. Sebab, tidak boleh satupun warga Palembang yang harus menderita sendirian tanpa campur tangan pemerintah.

“Saya akan kawal ini sampai pada payung hukumnya, karena prinsip keadilan sosial dan kesejahteraan umum itu termasuk kondisi individu bukan skala besar saja. Perdanya juga harus jelas, PERDA yang ada saat ini nomor 5 tahun 2012 baru mengatur tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran. Untuk kebakaran rumah yang bersifat perseorangan seperti ini belum ada, kemudian implementasinya juga harus dikawal. Jangan sampai ada kebakaran bantuan pemerintah baru turun berbulan-bulan setelahnya” tambah Akbar.

Dalam kesempatan ini, saat berbicara dengan korban selain memberikan bantuan secara pribadi, Akbar Alfaro juga berniat untuk menanggung sekaligus menyekolahkan salah satu anak korban.

“Bencana tidak ada yang bisa memprediksi, ini rahasia Allah SWT. Rumah boleh saja hancur dan terbakar namun semangat untuk belajar tidak boleh berhenti. Saya secara pribadi akan menanggung serta menyekolahkan adik Chandra yang masih kecil. Semoga bantuan-bantuan kecil ini bisa membantu meringankan beban keluarga,” tutup Akbar.