Tim Fed Republik Ceko menjuarai Piala Fed usai menundukkan Perancis.

Tim Fed Republik Ceko menjuarai Piala Fed usai menundukkan Perancis.

STRASBOURG, HS – Tim tenis putri Republik Ceko berhasil menjuarai Piala Fed usai di partai final sukses menundukkan tim Perancis dengan kemenangan tipis 3-2, Sabtu dan Minggu (12-13 November). Pertandingan final ini diselenggarakan di Rhenus Sport – Strasbourg, Prancis.

Kemenangan ini semakin menegaskan dominasi tim Fed Republik Ceko yang dalam enam tahun terakhir telah lima kali mengangkat piala. Saat ini, Republik Ceko total mengkoleksi sepuluh gelar dan mengukuhkannya sebagai tim dengan gelar terbanyak kedua setelah Amerika Serikat yang telah 17 kali menjadi juara.

Petenis putri Republik Ceko, Barbora Strycova, yang menyumbang dua kemenangan, yakni di nomor tunggal dan ganda, menyambut kemenangan timnya dengan penuh kebanggaan dan kegembiraan.

Strycova, yang merupakan penentu kemenangan Ceko pada 2015 lalu atas Rusia di partai final, mengungkap rahasia kemenangan timnya.

“Rahasianya? Turun ke lapangan, jalani pertandingan dan berjuang pada setiap titik akhir,” kata Strycova penuh kegembiraan.

Pada final menghadapi tim Perancis, Republik Ceko membuka keunggulan lewat Karolina Pliskova di nomor tunggal. Pliskova memenangi duel ketat melawan Kristina Mladenovic dengan skor 6-3, 4-6, 16-14.

Prancis kemudian menyamakan kedudukan setelah Caroline Garcia sukses menundukkan Petra Kvitova dua set langsung dengan skor 7-6(6), 6-3. Hari pertama final berakhir imbang 1-1.

Pada hari kedua, Prancis berbalik unggul 2-1 berkat kemenangan yang didapat Garcia atas Pliskova. Garcia menang 6-3, 3-6, 6-3. Namun, Republik Ceko berhasil membalasnya lewat Barbora Strycova, yang berhasil mengatasi perlawanan Alize Cornet dengan skor 6-2, 7-6(4).

Partai kelima yang mempertandingkan nomor ganda menjadi penentu kemenangan Republik Ceko. Duet Pliskova/Strycova mampu mengalahkan Garcia/Mladenovic dengan skor 7-5, 7-5. (MIM)