PALEMBANG,HS – Berbagai kemudahan sekarang sudah bisa dirasakan para pemilik kendaraan bermotor. Teranyar, pembayaran pajak sudah bisa dilakukan melalui telepon genggam atau ponsel. Sehingga para wajib pajak tidak perlu repot-repot datang ke samsat.
“Cukup melalui handphone dan santai di rumah, para WP sudah bisa melunasi pajaknya melalui aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas),” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Neng Muhaiba, diruang kerjanya, Rabu (10/4/2019).
Ditambahkan dia, pihaknya sudah bekerja sama dengan Korlantas melalui aplikasi E-Samonas untuk wajib pajak dapat membayarkan kendaraan dengan plat polisi se-Indonesia. Adapun cara pembayarannya melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore tersebut, WP cukup membayar dengan kode bayar yang tertera dan memilih bank mana akan membayar. Kemudian akan keluar STNK online sementara yang dapat berlaku selama satu bulan selama STNK asli belum dikirim.
Untuk pembayaran pajak melaui E-Samonas sendiri hanya bisa berlaku apabila ada tunggakan hitungan bulan, namun untuk tunggakan tahunan WP tetap harus bayar ke Samsat sesuai plat kendaraan.
“Proses bayarnya juga cepat, nah nanti STNK akan diantarkan via pos tanpa dipungut biaya lain. Kalau kena tilang saat STNK belum jadi, bisa tunjukkan STNK online yang berlaku selama satu bulan,” ungkapnya
Tak hanya membayar pajak lintas provinsi, Bapenda Sumsel juga bakal meluncurkan Samsat online E-Dempo yang berlaku untuk regional provinsi Sumsel. Untuk E-Dempo, para WP bahkan bisa memilih dimana lokasi ia akan mencetak STNK.
“Misal saat kita akan membayar pajak Plat Palembang tetapi sedang berada di Sekayu, asal sudah bayar via online bisa cetak langsung di Sekayu,” katanya.
Untuk kedua aplikasi tersebut saat ini masih sedang dalam tahap penyempurnaan dan kerjasama dengan pihak bank. Usai Pilpres aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh para WP.