reading-quran

MUARAENIM, HS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muaraenim melaunching 1.000 Al -Quran untuk dibagikan kepada masyarakat di Bumi Serasan Sekundang, Selasa (11/10/2016). Launching 1.000 Al -Qur’an ini sebagai upa­ya untuk memasyarakatkan gemar membaca Al-Quran di wilayah Muaraenim.

Ketua Baznas Muaraenim, Syachril berharap prog­ram ini bisa membantu warga dalam memenuhi kebutuhan Al-Quran, karena saat ini masih ada warga yang belum memiliki Al-Quran.

“Program launching Al-Quran ini dimulai dari Kecamatan Muaraenim sebanyak 200 Al-Qur-an dibagikan kepada panti asuhan, sekolah agama dan sekolah umum,” katanya.

Dikatakannya, terealiasasinya 1.000 Al-Qur’an ini berkat bantuan para donatur yang dihimpun Baznas Muaraenim.
Selain membagikan Al-Quran, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada anak yatim untuk empat desa di Muaraenim yakni Desa Kepur, Muara Lawai, Tanjung Jati, dan Lubuk Ampelas.

“Kegiatan pada hari ini juga kita bekerjasama dengan Yonif 141 /AYJP  Karang Raja, Muaraenim yang sangat mendukung pemberdayaan usaha kecil melalui zakat prajurit TNI. Dari zakat prajurit sangat membantu permodalan bagi warga yang membuka usaha dam bantuan gerobak usaha sebanyak 3 unit, etalase satu unit, dan keranjang sayur dan perlengkapan lainnya ,” tambahnya.

Sementara, zakat PNS dari SKPD atau instansi di Pemkab Muaraenim mulai mengalami peningkatan namun masih terbatas dan belum maksimal. Untuk itu, pihaknya akan lebih memaksimalkan program infaq dari PNS.

“Kalau zakat itu terbatas karena setahun sekali dibayar pada akhir Ramadhan. Sedangkan infak sifatnya tidak terbatas. Kapan saja bisa. Sehingga saat ini kita fokus ke infak. Dana yang terhimpun dari infak digunakan untuk sosial seperti pembangunan masjid dan lainnya di Kabupaten Muaraenim,” pungkasnya (EDW)