Heri Aminanto FM Pertamina Pendopo menyembelih qurban pada Hari Raya Idul Adha di Kabupaten PALI.

Heri Aminanto FM Pertamina Pendopo menyembelih qurban pada Hari Raya Idul Adha di Kabupaten PALI.

PALI, HS – Sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan YME dan bentuk ibadah sosial kepada masyarakat, pada Hari Raya Iedul Adha atau Hari Raya Qurban tahun 1437 H lalu, Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field berqurban sebanyak 34 ekor sapi yang mana telah diberikan ke masyarakat di empat kabupaten wilayah operasional perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas tersebut.

Empat kabupaten tersebut antara lain, Kabupaten PALI, Musi Rawas, Muara Enim, dan Musi Banyuasin.

Untuk di kabupaten PALI sendiri jumlah qurbannya sebanyak 16 ekor sapi dan dua ekor kambing. Sedangkan penyembelihannya dilakukan di lapangan tennis Gedung Arsendora Komplek Pertamina Pendopo, Senin (12/9).

Sedangkan, di tiga kabupaten lainnya dilaksanakan di kabupaten masing-masing.

Field Manager Pertamina Pendopo, Heri Aminanto melalui Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina, Uus Taufik Firdaus menjelaskan bahwa 34 ekor sapi qurban nanti akan dibagikan ke masyarakat yang berada di wilayah operasional Pertamina Pendopo.

“Jadi, yang menerima daging qurban ini berdasarkan pengajuan dari masyarakat, pemerintah, desa atau kelurahan pengurus masjid atau mushola, bahkan dinas-dinas. Mekanismenya, mereka mengajukan nama-nama yang menerima, kemudian kami memverifikasinya dahulu. Setelah cocok sebagai penerima, maka mereka langsung mendapatkan daging qurban seberat 7 ons,” jelas pria yang kerap disapa Pak Uus itu.

Lebih lanjut, Uus yang juga menjadi ketua Panitia Hari Raya Iedul Adha 1437 H dan Penyembelihan Hewan qurban Pertamina Pendopo juga menerangkan bahwa qurban Pertamina Pendopo merupakan hasil sumbangan pegawai-pegawai pertamina, KSO Pertamina bahkan ada juga karyawan perusahaan pertamina yang berqurban atas pribadi.

“Alhamdulillah beberapa tahun belakang kita bisa berqurban. Berqurban sendiri dimaknai sebagai salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah SWT. Selain itu, melalui qurban juga kita bisa berbagi sehingga kita sebut juga qurban sebagai ibadah sosial kepada masyarakat,” tambah Uus.

Uus berharap, dengan berqurban bisa meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan menjadikan hubungan antara masyarakat dengan Pertamina Pendopo semakin harmonis.

“Semoga ini bisa membantu meringankan beban masyarakat. Dan kita berharap juga tahun yang akan datang Pertamina Pendopo makin sukses sehingga lebih banyak lagi hewan qurban yang diberikan kepada masyarakat,” harapnya. (MAN)