IST

PALEMBANG, HS – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Metropolis, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Suwarno memastikan Jembatan Musi IV dapat beroperasional saat penyelenggaraan Asian Games 2018.

Meski pembangunan Jembatan tidak akan rampung 100 persen pada Agustus mendatang, namun Jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir kota Palembang itu tetap bisa dioperasionalkan ketika Indonesia menjamu 44 negara Asia.

“Sejauh ini progres pembangunan Musi IV sudah mencapai 81,76 persen. Pelaksana pembangunan saat ini sedang fokus di bentang tengah jembatan,” ungkap Suwarno, Senin (4/6).

Dia mengatakan, dari 18 segmen pembangunan, sudah selesai 9 segmen pembangunan fisik jembatan. Saat ini sedang dilakukan pekerjaan bentang tengah atau segmen 10 sampai 18.

Menurut Suwarno, dengan proses sejauh ini, pihaknya menargetkan pembangunan bisa rampung seusai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Sehingga pada Agustus mendatang bisa digunakan untuk keperluan Asian Games.

“Mudah-mudahan habis lebaran atau di akhir Juli bisa tersambung. Sehingga pada Agustus, atau tepatnya pada pelaksanaan Asian Games bisa digunakan,” ujarnya.

Terkait lahan, Suwarno mengaku tidak ada masalah yang serius sehingga mengganggu pelaksanaan fisik jembatan. Bahkan, pembebasan lahan sudah selesai kecuali untuk jalan akses.

“Untuk lahan sudah semua, kecuali jalan akses. Karena lahan tersebut belum disiapkan pemerintah provinsi maupun kota,” terangnya.

Meski jalan akses menuju jalan Ahmad Yani belum bisa dirampungkan, jembatan tetap beroperasional menggunakan akses jalan di Seberang Ulu melalui jalan Azhari.

“Mudah-mudahan dengan manajemen lalu lintas yang akan diatur Dinas Perhubungan, operasional jembatan Musi IV dapat lancar,” tutur Suwarno.