PALEMBANG,HS – Calon wakil presiden RI Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Palembang. Salah satu kunjungan calon orang nomor dua di RI tersebut juga mengadakan lawatan ke Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa terkait masalah ekonomi. Ia juga memberikan trik menjadi seorang wirausaha yang sukses.

”Seorang calon wirausaha harus memiliki prinsip kerja seperti memiliki sikap memiliki pola pikir, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Jika sudah memiliki sikap tersebut maka akan mudah untuk menjadi sukses,” jelas Sandiaga Uno pada kuliah umum dengan tema be Smart enterpreneur di Universitas Muhammadiyah Palembang, Selasa (18/09/2018).

Dijelaskanya, wirausaha merupakan pola pikir atau mendset yang harus ada. Jadi seorang pedagang jika tidak memiliki mendset tidak digolongkan menjadi seorang wirausaha. Kemudian etos kerja atau kerja keras, sebab orang sukses adalah yang memiliki kerja keras 90% sedangkan 10% nya adalah kemampuan sejak lahir.

“Tapi jika seseorang tidak memiliki kerja keras maka akan sama saja dengan tidak berusaha. Jadi meskipun orang tersebut pintar tapi tidak berusaha akan tidak membuahkan hasil maksimal,” katanya

Lalu kerja cerdas ide cerdas berbasis teknologi. Seorang calon wirausaha harus memanfaatkan semua aspek termasuk teknologi. Kemudian kerja tuntas jika ada tugas harus selesai tepat waktu. Tentu yang tidak kalah penting adalah kerja dengan ikhlas

Ia juga berkata dalam menjadi seorang wirausaha selalu menekankan aspek kemanusiaan dalam pengembangan teknologi. Perbaikan SDM dahulu sebelum infrastruktur yang dibangun. Jadi saat infrastruktur sudah ada maka kesiapan manusia sudah baik untuk mengolahnya.

Saat ini pengangguran terdidik sudah mencapai lebih dari 1 juta jiwa. Di dunia Indonesia menempati rangking ke 94 dari 130 negara dalam bidang wirausaha.

“Semoga pada beberapa tahun kedepan wirausaha dapat berkembang mencapai angka 2 % dari jumlah penduduk di Indonesia,” tutupnya