PALEMBANG,HS – H Akhmad Najib resmi gantikan jabatan Harnojoyo sebagai Walikota Walikota Palembang untuk beberapa bulan kedepan. Jabatan tersebut akan diisi oleh H Akhmad Najib, pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang ditunjuk menjadi Pejabat Sementara (Pjs) oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang Surat Keputusannya akan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Rabu (14/2) hari ini.

Hal ini dikarenakan pasangan Harno bersama wakilnya Fitrianti Agustinda mencalonkan diri kembali menjadi orang nomor satu di Palembang di Pemilihan Kepala Daerah serentak Juni mendatang.

“Alhamdulillah, besok penyerahan SK nya,” kata kata Najib di sela grasi bersih penyerahan SK Pjs di Griya Agung Palembang, Selasa (13/2/2018).

Najib yang tercatat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel ini mengatakan bahwa SK Kemendagri baru sampai kemarin di meja gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Menjabat sebagai Pjs hingga 4-5 bulan kedepan, tentu banyak tugas yang akan diselesaikan, terutama di Pilkada mendatang.

“Terutama bertugas menjaga kondusifitas masyarakat dalam Pilkada mengingat Sumsel adalah daerah zero konflik,” katanya

Aturan lainnya, sambung Najib yang harus dilaksanakan oleh Pjs adalah menjalankan roda pemerintahan. Meskipun dalam keadaan suasana Pilkada, roda pemerintahan harus tetap berjalan dan masyarakat terlayani dengan baik.

“Tidak lama lagi setelah Pilkada ada Asian Games, kita sadari bahwa Sumsel Zero Konflik, jadi harus tetap dijaga karena Palembang menjadi sorotan 45 negara, dari segi keamanan maupun kenyamanan,” ungkapnya.

Selain Najib, pejabat lingkungan Pemprov lainnya yang mendapatkan mandat sebagai Pjs adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel Richard Cahyadi sebagai Plt Walikota Prabumulih, Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan Sumsel, Amsin sebagai Plt Walikota Pagaralam, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Riki Junaidi yang disebut sebagai Plt Walikota Lubuklinggau.

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin masih merahasiakan empat nama Pelaksana Tugas (Plt) yang akan ditugaskan di empat kota di Sumsel menggantikan kepala daerah yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Juni 2018.

“Besok (hari ini) akan dilakukan penyerahan SK (Surat Keputusan) kepada Pjs di empat kota,” kata Alex yang enggan menyebutkan nama-nama di Kantor Gubernur Sumsel.

Alex melanjutkan tentu tugas dari Pjs adalah menjalankan roda pemerintahan serta membuat masing-masing daerah tetap kondusif saat Pilkada berlangsung.

“Yang pasti tetap melayani masyarakat dengan baik,” jelasnya