JAKARTA,HS – Badan Kerjasama Masyarakat Sumatera Bagian Selatan (BKMSS) menyatakan komitmen terhadap pencegahan anti korupsi dan mengupayakan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, serta menjaga keutuhan NKRI. Hal ini diungkapkan oleh ketua BKMSS – Jimly Asshiddiqie pada sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang diselenggarakan oleh BKMSS bertempat di gedung Nusantara 5 MPR/DPR RI, Senin (06/03).

Jimly mengatakan BKMSS yang terdiri dari lima provinsi, meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung. Disamping itu juga, memiliki modal sejarah dan warisan sejarah, berupa terdapatnya kerajaan Sriwijaya yang membentang di lima wilayah Sumbagsel. Ini merupakan modal penting bagi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila. “Melalui organisasi BKMSS ini, masyarakat di lima wilayah dapat terlibat aktif dalam mewujudkan keutuhan NKRI dan pemerataan keadilan,”harapnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua MPR RI – Zuklifili Hasan, Kepala Daerah dari lima provinsi yang terdapat di Sumbagsel, di mana Sumsel dihadiri oleh Wakil Gubernur Ishak Mekki, anggota DPR RI dapil Sumbagsel, dan anggota DPD RI.

Sementara itu, dalam sambutannya pada acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Zulkifli Hasan menegaskan Pancasila harus menjadi perilaku budaya manusia Indonesia dan ideologi bangsa Indonesia. Jika hal ini menjadi nilai & pandangan hidup bangsa Indonesia, maka akan timbul rasa saling percaya pada rakyat.

“Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pun dapat terwujud, dan perbedaan serta potensi lokal dapat dikembangkan setinggi-tingginya. Bahkan ekonomi lokal dapat menjadi kekuatan ekonomi pusat,”terang Zuklifili

Pada kesempatan ini juga, dilakukan penandatanganan komitmen bersama pencegahan anti korupsi, oleh lima kepala daerah sumbagsel dengan Ketua BKMSS dan Ketua MPR RI. Hal ini sebagai pernyataan sikap yang konsisten terhadap upaya pencegahan korupsi.

Usai penandatanganan komitmen bersama, masing-masing kepala daerah di wilayah Sumbagsel, menyampaikan pemaparan tentang potensi dan kemajuan masing-masing provinsi. Pemaparan didahului oleh Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Kemudian, Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, dalam paparannya menyampaikan bahwa Sumsel menyatakan kesiapan sebagai pelaksanaan Asian Games 2018, terlebih dengan penambahan 3 cabor Asian Games 2018, yang dilaksanakan di Palembang.

Mantan Bupati OKI ini menambahkan, kesiapan dalam pelaksanaan Asian Games 2018, didukung dengan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan LRT dengan rute Jakabaring-Bandara SMB II, pembangunan jalan toll ruas Palembang -Indralaya, pembangunan fly over simpang Kertapati – Indralaya, serta pembangunan fly over simpang bandara. Bahkan, tak ayal Sumsel siap untuk pelaksanaan olahraga tingkat international – Moto GP. Selain itu, untuk mengantisipasi karhutlah, Sumsel telah membentuk desa peduli api.(Rilis Humas Pemprov)