PALEMBANG,HS – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Daerah (BPSDMD) Provinsi Sumatera Selatan saat ini tengah mempersiapkan pengembangan kegiatan Diklat di Sumsel salah satunya melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal ini diungkapkan Kepala BPSDMD Sumsel, Musni usai rapat dengan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Djoko Imam Santosa, di Pemprov Sumsel kemarin (17/2).

Menurutnya, BLUD merupakan kebutuhan badan Diklat yang saat ini berubah nama menjadi BPSDMD dalam rangka untuk mengembangkan kegiatan di Badan Diklat.

“Karena kita punya fasilitas yang sangat baik untuk kegiatan Diklat dan  selama ini kurang pemanfaatannya,”ungkapnya

Lanjutnya, Untuk itu direncanakan pada 1 April mendatang pihaknya akan mengesahkan BLUD yang nanti cakupan diklatnya lebih luas tidak hanya mengurusi pendidikan dan Pelatihan ASN saja namun juga mencakup ke kebutuhan masyarakat.

“Misalnya sebentar lagi kita akan menggelar Asian Games, untuk masyarakat yang ingin membuat souvenir bisa pelatihannya dengan kita, atau kegiatan Koperasi bagaimana tata cara pengelolaan koperasi. Bahkan hingga pelaksanaan kurus dan uji kompetensi akan kita kembangkan disini,”jelasnya.

Dia juga mengatakan, Dengan adanya BLUD ini, maka pelaksanaan Diklat tidak tergantung pada APBD Provinsi Sumsel.

“Kalau BLUD ini sudah berjalan maka tidak bergantung lagi dengan APBD karena berdiri sendiri bahkan mampu menyumbangkan PAD untuk Provinsi dari fasilitas -fasilitas yang kita pakai,”tegasnya(MDN)