Foto :ist

PALEMBANG,HS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama tujuh hari kedepan yakni pada 18 November hingga 24 November 2019 wilayah Sumatra Selatan akan diguyur hujan.

Bahkan, hujan yang akan melanda Bumi Sriwijaya ini akan disertai petir dan angin kencang.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bandara SMB II Palembang, Bambang Beni Setiadji mengatakan, hujan dengan kriteria sedang hingga lebat akan terjadi di Kabupaten Lahat, PALI, Ogan Komering Ulu, OKU Selatan, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muratara dan Empat Lawang. Kemudian Kota Prabumulih, Palembang, Lubuk Linggau, dan Pagaralam.

“Untuk kriteria hujan ringan itu di Kabupaten OKU Timur, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir. Sedangkan hujan disertai petir dan angin kencang akan terjadi pada 19 November hingga 21 November 2019,” kata Bambang, Senin, (18/11/2019).

Menurutnya, secara lokal kondisi hujan akibat awan konvektif dan orografis di wilayah Sumsel bagian barat karena kelembapan udara lapisan atas cukup memadai untuk pertumbuhan awan dan berdataran tinggi.

Biasanya hujan yang terjadi berlangsung sebentar hanya sporadis atau berbeda tiap tempat dan berpotensi petir disertai angin kencang.