PALEMBANG, HS – Saat ini kondisi sekolah swasta terancam gulung tikar karena jumlah siswa yang sangat sedikit. Oleh sebab itu Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Palembang meminta pemerintah Kota Palembang juga memperhatikan nasib sekokah swasta yang ada mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekokah Menengah Pertama (SMP).

 

Berdasarkan keterangan dari Ketua BMPS Kota Palembang, Indra Grilyadi, meminta kepala pihak pemerintahan kota untuk memberikan jatah bagi sekolah swasta saat penerimaan siswa baru (PSB).

“Kita tidak meminta banyak, jika sekolah negeri yang ada di area sekokah swasta harus dibatasi jumlah siswanya 32 orang saja. Kalalu sekolah negeri yang ada di lingkungan sekolah swasta itu menerima siswa lebih dari 32 siswa per kelasnya sedangkan jumlah kelas yang tersedia banyak hingga puluhan maka dari mana lagi sekolah swasta dapat siswa?,” katanya usai acara Musyawarah Kota (Muskot) IV BMPS Kota Palembang 2017 di BLPT Sumsel, kemarin.

Menurutnya, pihaknya saat ini pihaknya telah mengajukan dikeluarkan peraturan wali kota (perwali) terkait jumlah kuota untuk sekolah swasta agar sekokah negeri tidak memiliki kelas yang jumlah sisanya lebih dari 32 orang.

 

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pihaknya juga dilibatkan proses regulasi penerimaan PSB, sehingga sekolah negeri tidak lagi menerima siswa sebanyak – banyaknya. “Perwali ini kemungkinan akan dikeluarkan pada anggaran 2017-2018 ini akan dikeluarkan. Sebab ini sudah menjadi persoalan nasional yang terancam bubar, termasuk di Palembang,” terangnya.

 

Indra menjelaskan, dalam Muskot IV BMPS Kota Palembang 2017 tersebut selain menganggendakan pemilihan kepengurusann baru periode 2017-2021 namun masalah kuota PSB menjadi salah pembahasan penting diakan didiskusikan bersama.

 

“Saat ini anak lebih cenderung pada sekolah negeri karena gratis dan sekokah swasta bayar mahal. Padahal sekolah swasta bagus-bagus dan memiliki fasilitas yang baik,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, H. Ahmad Zulinto, S.Pd.MM berharap, ada usulan yang diberikan BMPS Kota Palembang dalam penyelenggaraan Muskot IV 2017 seperti usulan-usulan kepada pemerintah, masukkan yang baik dan sinergisitas pemerintah dengan swasta yang lebih baik.

“Keberadaan sekolah swasta jangan dipandang sebelah mata sebab mereka mempunyai prestasi yang bagus. Adanya kesepahaman itu untuk memajukan pendidikan menjadikan anak yang berkualitas, bagus dan mendapatkan pendidikan yang lebih baik, sudah menjadi tugas kita semua sebagai warga Indonesia,” tegasnya (HSN)