Pemain timnas Brazil merayakan kemenangan atas Bolivia.

Pemain timnas Brazil merayakan kemenangan atas Bolivia.

RIO, HS – Timnas Brazil sukses meraih tiga poin setelah unggul telak 5-0 atas Bolivia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia untuk zona CONMEBOL Amerika Latin. Pertandingan digelar di Stadion Arena das Dunas, Natal, Rio de Janeiro, Brazil.

Pada pertandingan yang digelar, Jumat (7/10) pagi waktu Indonesia, Neymar menjadi bintang pertandingan dengan mencetak satu gol dan dua assist. Gol ini menjadi gol ke 300 bagi pemain berusia 24 tahun tersebut.

Lima gol Brazil dicetak oleh lima pemain berbeda, yakni Neymar, Philippe Coutinho, Filipe Luis, Gabriel Jesus, dan pemain pengganti, Roberto Firmino.

Tim Selecao menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola hingga 71 persen, dengan 19 tembakan ke gawang berbanding 3 tembakan dari Bolivia.

Pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi. Sejak awal tuan rumah tampil menyerang hingga akhirnya sukses membuka keunggulan atas Bolivia di menit 11. Gol tercipta berkat kerjasama satu dua antara Gabriel Jesus dan Neymar yang kemudian diselesaikan dengan mudah oleh Neymar. Skor 1-0 untuk keunggulan Brasil.

Meski unggul, Brazil tetap tak mengendorkan serangan. Gulliano memberi umpan kepada Philippe Coutinho yang diselesaikan dengan apik oleh punggawa Liverpool tersebut. Skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke 26.

Selanjutnya, giliran FIlipe Luis yang mencatatkan namanya di papan skor. Berhasil lolos dari jebakan offside, Luis menerima umpan terukur dari Neymar yang sukses ia selesaikan menjadi gol gawang Bolivia di menit ke 39.

Satu menit jelang berakhirnya babak pertama giliran Gabriel Jesus yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan matang dari Neymar, Gabriel tidak kesulitan menaklukkan Carlos Lampe dalam posisi satu lawan satu. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Bolivia bermain lebih disiplin sehingga serangan tim Brazil mampu diredam. Pada menit 68, terjadi sebuah insiden dimana Yasmani Duk menyikut Neymar hingga terluka. Bintang Barcelona ini pun harus mendapat perawatan dan akhirnya digantikan oleh Willian.

Pada menit ke 75, Brazil berhasil menambah satu gol lagi. Berawal dari umpan silang Philipe Coutinho, bola lambung tersebut ditanduk sempurna oleh pemain pengganti Roberto Firmino. Skor 5-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini Brasil masih kokoh di peringkat kedua Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL sedangkan Bolivia harus turun ke peringkat 9 klasemen. (MIM)