1470307720_f2e72db047e09dfdb1f225c6c0869a16

Sekelompok warga yang diduga berasal dari Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jawa, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) membakar kendaraan operasional PT DNS, dini hari Sabtu (6/8/2016).

Peristiwa ini diduga bermula dari ketidakpuasan warga atas perilaku Brimob yang sedang melakukan tugas Pam di PT DNS.

Kapolres Mura, AKBP Herwansyah Saidi melalui Kapolsek Karang Jaya, AKP Yulkipli kepada wartawan mengatakan kejadian bermula saat anggota Pam PT DNS sedang melakukan giat patroli di lahan PT DNS tepatnya di lahan Tambang Siamang.

Sesampainya di lokasi anggota Pam PT DNS menemukan beberapa oknum dan korban yang diduga hendak melakukan pencurian konsentrat emas. Teguran yang diberikan aparat tak diindahkan, bahkan korban justru mencoba melakukan perlawanan kepada aparat.

“Anggota Pam PT DNS sempat memberikan teguran tetapi tidak diindahkan, saat hendak dilakukan penangkapan anggota sempat memberikan tembakan peringatan, hanya saja tembakan kedua mengenai kaki korban,” ungkapnya.

Melihat ada yang terluka anggota Pam PT DNS segera melakukan evakuasi kepada korban. Korban dibawa ke klinik DNS untuk penanganan pertama. Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Karang Jaya untuk pengobatan lebih lanjut.

“Sepulang dari mengantar korban, sesampainya di Desa Suka Menang mobil milik PT DNS jenis Estrada Triton BG 9380 HC, tiba-tiba dihadang oleh sekolompok warga desa, karyawan PT DNS yang mengantar dan korban disuruh turun, lalu mobilnya dibakar dan dirusak,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, untuk mobil yang terbakar sekarang masih di TKP, Kapolres Mura dan Wabup Muratara, tokoh agama, tokoh adat serta Kades Suka Menang sudah berkoordinasi menenangkan warga agar kejadian tersebut cepat selesai.

“Untuk saat ini keadaan sudah berjalan kondusif, aman terkendali, sementara korban yang tertembak sudah dilaksanakan operasi di Kota Lubuklingau, kini keadaannya berangsur membaik dan sehat,” singkatnya.