PALEMBANG,HS – Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel menggelar Buka puasa bersama Gubernur Sumatera Selatan bersama media cetak, elektronik dan Online bertempat di ballroom hotel Novotel Palembang, Rabu( 29/5/2019).
Dalam acara buka bersama dengan tema” Menjalin kemitraan yang lebih baik antara biro humas dan protokol dengan media cetak, elektronik dan online untuk mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua” tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga dengan inisiasi yang telah dilakukan jajaran Biro Humas dan Protokol.
“Ini insiatifnya murni datang dari Biro Humas dan Protokol. Tanpa harus datang idenya dari saya. Ini harus dipertahankan jargon kita ketika orang berfikir kita sudah berbuat,” tegas Gubernur.
Herman Deru menambahkan, meski dengan profesi yang berbeda namun hubungan yang telah terjalin lama dengan insan pers diakuinya masih berlangsung hingga sat ini.
 “Media massa yang terus berkembang ada yang masih konvensional ada juga  yang modern. Namun apapun bentuk medianya kita harus menjadikan  hubungan baik ini simbiosis mutualisme,” tambahnya.
Gubernur mengakui begitu besar peran media. Sebab sebaik apapun ide yang diperbuat tanpa kemasan berita yang baik lanjut dia  maka akan sia-sia. Karena itu Herman Deru mengharapkan peran aktif kalangan insan pers di Sumsel dalam pemberitaan terkait dengan program kerja Pemerintah Provinsi. Terlebih dalam waktu dekat Sumsel akan menjadi tuan rumah sejumlah event Intrlernasional diantaranya MXGP of Indonesia 2019, Kejuaran dunia Bowling.
“Peran adik-adik  dan rekan wartawan sangat kami harapkan dengan pemberitaan yang membangun dan berimbang,” tegasnya.
Dikesempatan ini Gubernur berharap jajaran humas untu kdapat lebih kreatif dalam mengemas informasi yang akan menjadi  konsumsi publik Sumsel.
“Harus ada sensitifitas dan kreatifitas dari bagian humas. Karena  judul-judul menggiring 50 persen opini pembaca. Jangan judul yang normatif,” tandasnya sembari menambahkan diri tidak kaku dengan kalangan wartawan karena tujuan sama yakni bermuara pada Sumsel Maju untuk Semua.
Sementara itu Ketua penyelenggara yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sumsel. Drs Iwan Gunawan dalam laporannya menegaskan, tujuan dari  kegiatan ini untuk mempererat silaturrahmi dan memupuk sinerjitas antara Pemprov dan kalangan pers.
“Melalui acara ini  harapan kitab kedepan akan terjalin kemitraan sehingga menghasilkan produk pers, berita yang berimbang dan tidak berat sebelah,” imbuhnya.
Adapun mereka yang diundang hadir dalam buka bersama ini lanjut Iwan,  adalah seluruh staf humas protokol. Ditambah dengan kalangan insan pers dan pimpinan media sebanyak dengan jumlah lebih kurang  100 orang.
Dilain pihak Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar dalam sambutannnya mengajak kalangan wartawan di Sumsel dapat ikut serta  mensukseskan jalannya pembangunan Sumsel sesuai dengan visi dan misi Gubernur.
“Itu yang menjadi tanggung jawab kawan-kawan  media. Kita juga sudah ketemu kalangan pimpinan media di derah untuk dapat mensukseskan pembangunan di Sumsel ini,” tambahnya.
Dia mengajak wartawan di Sumsel menjadi pioner dalam penyampaikan pembangunan di Sumsel. Salah satunya yang telah dilakukan ikut menjaga kondusifitas Sumsel. Dimana Sumsel saat ini tetap aman  dan  zero konflik.
“Alhamdulillah sejauh ini waratawan di Sumsel dapat mendukung  apa yang menjadi program bang Deru,” tandasnya.
Sebelum berbuka puasa juga diperdengarkan tausiah tingkat yang disampaikan Ust Yurzan Zaldi LC yang juga didaulat menjadi imam sholat magrib berjemaah.
Hadir bersama romongan Gubernur
Staf Ahli Gubernur Bidang Kemsyarakatan Reza Fahlevi, Staf Khusus Gubernur Bidang Media. Ketua PWI Firdus Komar dan pimpinan media cetak dan elektronik lainnya.