aaaa

PALEMBANG, HS – Asriel Chaniagio  seorang seniman teater yang mempelopori Teater Modren di Kota Palembang telah meninggal dunia di usia 56 tahun. Ia adalah pendiri Teater KEMBARA dekade tahun 1980.

Semasa hidupnya, Almarhum banyak mengorbitkan para aktor dan artis hingga mencapai tingkat nasional. Sebut saja, Jaid Saidi, Filuz Mursalin, Kamsul Ka Harla yang populer dengan lagu Ya Saman. Tak hanya itu, Asriel asli berdarah Minangkabau itu juga melahirkan Teater Top di Palembang seperti teater Gaung yang diketuai Vebri Al Lintani,Teater Lotus yang ketuanya Rahman Yasin (Maman Kumbu). Juga teater APA yang digawangi oleh Yos Ilyas yang sampai hari ini masih aktif.

aaaan

“Bung Asriel Chaniago telah banyak mendidik untuk bersikap dalam berkesenian, dari tidak tahu menjadi tahu akar arti berkarya. Bung Asriel begitu tulus berbagi ilmu dan pengalaman berkesenian di tahun 80-an. Ia yang duduk klas 1 SMA saat itu belajar menulis lagu melalui proses di Teater Kembara,” kenang Filuz Mursalin, sahabat Asriel.

Nampak sekali  kesan yang medalam bagi Filuz tentang Asriel sang maestro guru akan menjadi prasasti disetiap karyanya.

“Jujur, kami banyak belajar dengan Almarhum semasa hidup. Bersama Almarhum, kami bisa mengenal WS Rendra. Bram Makahekum, Sawung Jabo, Ken Zuraida,” cetusnya.

Asriel Chaniago sempat dirawat di RS AK Gani di ruang penyakit dalam. Dia dikebumikan, Ahad, 29 Agustus 2016 selesai shalat Dzuhur di TPU Puncak Sekuning, Palembang. Selamat Jalan Bung Asriel. Semoga engkau tenang disisiNya. Amin… (IIR STONED)