Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Muaraenim.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Muaraenim.

MUARAENIM, HS – Dalam rangka mewujudkan wartawan yang profesional dalam mendukung pembangunan daerah sesuai UU No. 4/1999 tentang Pers, digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2016 di Kabupaten Muaraenim.

Pelaksanaan UKW, tidak hanya memberikan manfaat kepada internal pers namun juga seluruh masyarakat. Hal itu terkait beberapa tujuan UKW, yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

Acara pembukaan UKW 2016 yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri, Muaraenim dibuka secara resmi oleh Bupati Muaraenim, Ir H M Muzakir Sai Sohar.

Bupati Muaraenim dalam kata sambutannya mengatakan wartawan adalah wadah informasi dan informasi bagi masyarakat baik cetak maupun elektronik, sehingga masyarakat bisa menerima dengan akal sehat.

“Adanya kegiatan ini sangat menguntungkan untuk rakyat, dan saya sebagai salah satu narasumber tentu senang. Karena pasti saat publik mengharapkan seluruh profesi mempunyai kompetensi yang tinggi. Maka hari ini wartawan punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional,” terangnya.

Pada kesempatan ini, diberikan pula cinderamata kepada Dewan Pers dan Ketua PWI Sumatera Selatan.

Sementara, Dandim 0404 Muaraenim, Letkol Jamaludin selaku salah satu narasumber yang hadir, memberi pernyataan menyikapi tentang demo pada 2 Desember 2016 mendatang. (EDW)