PALEMBANG,HS – Wakil Presiden (Wapres) mengelar rapat terbatas bersama Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu, terkait Cabang Olahraga (Cabor) yang akan di selenggarakan di Indonesia berkurang dari total 42 Cabor menjadi 36 Cabor.

Demikian diakui Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat ditemui di Pemprov Sumsel, rabu (29/3)

“Belum tau cabor mano yang dikurangi,” katanya.

Namun, dirinya memastikan cabor tersebut tidak ada yang diselenggarakan di Kota Palembang. Karena itu, dirinya memastikan tidak akan berpengaruh kepada Kota Palembang.

“Palembang akan tetap dapat 10 cabor tidak ada pengurangan dan juga penambahan,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumsel, Basyaruddin Akhmad melalui Kabid Perumahan dan Tata Bangunan, Aminuddin saat ditemui di Pemprov Sumsel mengatakan saat ini pembangunan dan renovasi untuk venue terus dilakukan, bahkan April 2017 mendatang Pemprov Sumsel bakal merenovasi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC).

“Mungkin April ini renovasi stadion Gelora Sriwijaya dimulai, karena sekarang sudah ditender,” katanya.

Dijelaskannya, renovasi ini meliputi pembangunan sarana dan prasarana di area stadion Gelora Sriwijaya, pengecetan ulang, pergantian kursi penonton menjadi single seat, kemudian perbaikan lampu arena. Menurutnya, renovasi tidak akan memakan waktu yang lama dan ditarget selesai renovasi pada bulan Desember mendatang. Untuk anggaran ini sendiri menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 dan tahun 2018.

Dirincikannyan, untuk pembangunan sarana dan prasarana di area stadion Gelora Sriwijaya itu menggunakan APBD 2017 dengan usulan dana Rp 11 miliar, sedangkan untuk perbaikan sarana dan prasarana stadion Sriwijaya (lampu arena) itu diusulkan sekitar 10 miliar dengan sumber dana APBD tahun 2018, dan untuk pengadaan funiture dan interior venue itu usulan dana sekitar Rp 1 miliar.

“Insya allah semuanya selesai tepat waktu,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Akhmad Najib menambahkan berdasarkan ratas tanggal 25 lalu di Jakarta. Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla berencana meninjau persiapan JSC.

“Mereka sudah meninjau persiapan GBK, nah sekarang Wapres akan meninjau JSC,” katanya.

Tinjauan Wapres ini sendiri untuk melihat persiapan dalam menyambut Asian Games baik dari venue dan juga fasilitas pendukung seperti Light Rail Transit (LRT). “Karena itu harus dilakukan persiapan untuk menyambut kunjungan Wapres ini,” tegasnya (MDN)