paslon-bupati-dan-wakil-bupati-muba_20160924_091051 

PALEMBANG,HS – Dua pasangan calon bupati Musi Banyuasin ( Muba) melakukam tes pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Muhammad Husein (RSMH) Palembang, Sabtu (24/9) pagi.

Tahapan ini merupakan langkah lanjutan dalam proses pemilihan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Musi Banyuasin yang diselengarakan oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU) Muba.

Kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dalam tes pemeriksaan kesehatan ini melakukan serangkaian pemeriksaan baik medikal check up, kebersihan narkoba hingga tes kejiwaan dari psikolog.

Ketua KPU Muba, A Firdaus Marvel SE MSI, saat di tanya wartawan menjelaskan kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati inilah yang dinyatakan lolos verifikasi tahap pertama untuk maju dalam pemilihan muba 2017 pada bulan februai mendatang.

Berdasarkan surat edaran dari PKPU yang mengharuskan calon bupati dan wakil bupati untuk mengikuti tes kesehatan yang ditunjuk langsunh oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia ) Muba.

” Untuk hari ini hanya sampai pada tes kesehatan dan uji narkoba, selanjutnya hari senin akan kita lakukan tes pemeriksaan kesehatan. Sesuai jadwal hasilnya akan kita terima pada 28 september mendatang usai tim dokter melakukan rapat pleno,” ungkapnya.

Dirinya pun mengatakan, KPU Muba nantinya hanya akan membacakan hasil dari tes pemeriksaan tiap pasangan calon, dimana apabila calon tersebut tidak memenuhi syarat maka akan dikembalikan kepartai.

” Bila dari hasil pemeriksaan tim kesehatan ada yang kurang baik maka kita kembalikan kepada partai pengusung masing masing apakah mau diganti atau tidak,” jelasnya.

Sementara Dodi Reza salah satu kandidat calon bupati banyuasin yang menjalani pemeriksaan tes kesehatan mengaku sempat gugup saat menjalani tahapan-tahapan tes.

Pada pemeriksaan awal, Dodi menjalani pemeriksaan fisik dan tes urine, rambut dan kesehatan jiwa.

Namun, Dodi sabgat gugup dan kesulitan dalam menjalani tes urine. Ia gugup karena didampingi pihak KPU dan pihak BNN ketika hendak buang air di toilet rumah sakit.

“Ya gugup. Karena tidak terbiasa kalau pipis dilihat orang apalagi sampai bertiga di toilet. Jadi sempat susah pipis tadi karena grogi,” kata Dodi usai menjalani pemeriksaan.

Menurut putra sulung Gubernur Sumatera Selatan ini, dia baru kali pertamanya menjalani pemeriksaan tes kesehatan yang begitu detil. Berbeda saat Dodi mengikuti Pilkada Muba pada 2012.

“Kalau dulu digeledah, setelah itu bawa tempat urine ke toilet tetapi tidak didampingi dari BNN dan KPU. tetali sekarang didampingi langsung. Ini merupakan trobosan yang sangat bagus”ujarnya.

Tes pemeriksaan kesehatan hari ini selain di ikuti pasangan Dodi-Beni ,juga di ikuti pasangan calon  dari jalur independen Amiri Arifin dan Ahmad Toha .(SNI)