Petugas melakukan fogging di seputaran Komperta Pendopo untuk mencegah DPD, malaria, dan kaki gajah.

Petugas melakukan fogging di seputaran Komperta Pendopo untuk mencegah DPD, malaria, hingga kaki gajah.

PALI, HS – Sebagai salah satu program rutin dari Pertamina untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk aedes aegypty di lingkungan masyarakat kota Pendopo, khususnya di seputaran komplek pertamina (Komperta) Pendopo, pihak Pertamina Pendopo menggelar fogging, Rabu (21/9).

Fogging tersebut dilakukan oleh perusahaan minyak dan gas tersebut untuk mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibat nyamuk, seperti DBD, malaria, hingga kaki gajah.

Pantauan awak media, fogging dilakukan sejak pagi hari hingga sore, di wilayah yang diduga menjadi sarang dari perkembangbiakan nyamuk.

Menurut Tuti Dwi Fatmawati, Legal and Relation PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field bahwa kegiatan tersebut merupakan program rutin dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pegawai dan masyarakat yang tinggal di seputaran Komperta Pendopo.

“Sama halnya dengan perawatan kebersihan dan pengambilan sampah tiap hari, hanya saja untuk pengasapan kita lakukan berkala setiap akan memasuki musim hujan dan ketika musim hujan serta di akhir musim hujan, dimana pada masa itu adalah musim favorit nyamuk berkembang biak,” terangnya.

Ditambahkannya bahwa kegiatan fogging juga bentuk dukungan dari Pertamina kepada pemerintah dalam menekan kasus DBD di Kabupaten PALI.

“Kita dukung program Pemkab PALI melalui Dinkes yang sekarang ini sedang menggalakan pemberantasan sarang nyamuk serta membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah,” imbuhnya.

Ia juga mengaku kalau pekerja yang bermukim di dalam komplek perumahan Pertamina Pendopo belum pernah ditemukan kasus DBD.

“Walau belum ditemukan kasus DBD di komplek ini, namun kita terus lalukan fogging secara berkala, karena nyamuk bukan hanya menyebabkan DBD, tetapi nyamuk juga bisa menyebarkan berbagi penyakit lain. Selain fogging, kita juga tetap selalu rutin melakukan pembersihan lingkungan,” tutupnya. (MAN)