Penanaman pohon sentul atau kecapi di bantaran Sungai Batanghari Abab oleh perwakilan Pertamina Adera,

Penanaman pohon sentul atau kecapi di bantaran Sungai Batanghari Abab oleh perwakilan Pertamina Adera,

PALI, HS – Sebanyak 4000 pohon Sentul atau yang sering disebut pohon kecapi dibagikan oleh Pertamina EP Asset 2 Field Adera kepada warga Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas tersebut untuk turut menjaga serta melindungi kelestarian alam.

Pelaksanaan pembagian serta penanaman 4000 pohon Sentul dilaksanakan di sepanjang bantaran Sungai Batanghari Abab dengan menggandeng Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kreatif Sentul yang berasal dari Kecamatan Abab.

Kegiatan penanaman yang dilaksanakan belum lama ini juga turut dihadiri oleh Sumantri, Sekretaris Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (Distamben LH), Drs Arpan, selaku Camat Abab, BP4K Kabupaten PALI, Segenap Anggota KUB Sentul Abab, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Hari Widodo, Field Manager Pertamina Adera yang dalam kesempatan itu diwakili Syafruddin Sanny, Asisten Manager Petroleum Engineering menuturkan selain menjaga kelestarian lingkungan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk pencegahan erosi yang saat ini bisa saja terjadi akibat meluapnya sungai Batang Hari akhir-akhir ini.

“Erosi dapat berdampak besar pada kehidupan masyarakat di sekitar sungai. Oleh sebab itu kita lakukan pencegahan melalui penanaman pohon, sekaligus dapat menyumbang oksigen dan mengurangi emisi gas karbon di lingkungan kita,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Syafruddin Sanny mengharapkan bantuan, dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk pemerintah kabupaten PALI untuk menjaga produktifitas migas Pertamina Adera di Bumi Serepat Serasan.

”Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, agar dimasa yang akan datang produksi migas di PALI semakin meningkat dan dijauhkan dari segala halangan rintangan maupun musibah, agar program CSR dari Pertamina Adera bisa semakin bertambah untuk masyarakat PALI,” harapnya.

Sumantri kepada sejumlah media mengaku bangga atas apa yang dilakukan oleh Pertamina Adera.

Menurutnya, langkah yang dilakukan pihak Pertamina Adera sudah tepat. Dengan melakukan reboisasi untuk pencegahan erosi.

“Kami sangat apresiasi kegiatan ini, karena bisa mencegah erosi di lingkungan warga. Namun, kami berharap kegiatan ini lebih diperluas lagi ke daerah-daerah lain dalam wilayah kerja Field Adera, sehingga akan tercipta lingkungan sehat dan asri di Kabupaten PALI,” harapnya.

Drs. Arpan mengucapkan terimakasih kepada Pertamina Adera karena telah menyalurkan 4000 pohon Sentul ke warga.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pertamina EP Field Adera yang telah menyalurkan CSR-nya dalam upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan yang dilakukan oleh KUB Kreatif Sentul dan Pertamina Field Adera ini adalah sesuatu kegiatan yang penuh inisiatif karena peduli terhadap tanaman yang sudah mulai langka seperti sentul/kecapi,” tutupnya. (MAN)