PALEMBANG, HS – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, guna menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumatera Selatan sejak dini, pihaknya berharap kepada pihak terkait untuk memaksimalkan patroli terutama melalui udara.
“Saya minta kepada petugas untuk memaksimalkan patroli udara, terutama pagi hari untuk menentukan terletak pemadaman dengan menggunakan jalur darat,” katanya, usai menggelar rapat koordinasi pelaksanaan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di kantor BNPB Provinsi Sumsel, Jumat (20/7/2018).
Ia menjelaskan, selain memaksimalkan patroli juga pihaknya mengimbau kepada para petugas untuk setiap saat koordinasi antar satuan pemadam, apabila ada api yang kecil cepat dipadamkan.
“Komunikasi sangat penting agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti tahun sebelumnya petugas ada yang menjadi korban, oleh karena itu komunikasi lewat grup sangat baik,” ujarnya.
Ia menambahkan, khusus para petugas dilapangan itu kendala yang dihadapi harus segera dikoordinasikan seperti, alat untuk pemadam api, mobil tangki, dan lain-lain, segera usulkan.
“Usulkan sesuai prosedur apabila sudah lengkap nanti akan saya wujudkan terkait kendala yang ada di lapangan tersebut,” tutupnya