Foto (IST)

PALEMBANG,HS – Menyambut perhelatan akbar pesta negara seluruh Benua Asia, yakni Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, berbagai persiapan matang terus dilakukan semua pihak.

Guna meminimalisir tindak kejahatan serta memudahkan pihak kepolisian dalam bertugas selama dan sesudah gelaran Asian Games 2018, ikon Kota Palembang Jembatan Ampera bakal dipasang CCTV di berbagai sudut.

PPK Jembatan Metropolis, Suwarno mengatakan Pedestrian Ampera sudah memasuki tahapan finishing. Saat ini pihaknya tengah mengebut proses pengecatan dan pemasangan CCTV di berbagai sudut pedestrian Jembatan Ampera hingga ke Sudirman.

Ia juga mengakui, Jembatan Ampera selama ini dikenal sebagai tempat kerap kali terjadi aksi kriminalitas dan vandalisme (coret-coret). Maka itu, untuk memudahkan aparat kepolisian pihaknya telah memasang CCTV.

“CCTV kita pasang untuk petugas mengenali pelaku kejahatan, semoga saja dengan demikian dapat meminimalisir kejahatan. Jumlahnya Ada 3 CCTV Yang Alan kits pasang di sudut-sudut jembatan,” ujar Suwarno saat diwawancarai dikantornya, Kamis (2/8/2018).

“Dari ke-3 CCTV itu visa menjangkau hingga 46x lipat. Jadi meskipun jaraknya jauh, masih bisa kita lihat dengan jelas,” sambungnya

Ia juga menambahkan, Untuk itu pihaknya mengajak masyarakat  bersama-sama untuk jaga fasilitas umum ini, lantaran biaya bangunnya tidaklah sedikit.

Ia mengajak untuk masyarakat Palembang mulai saat ini taat dalam berlalu lintas dengan tidak lagi menaikkan kendaraannya di atas pedestrian. Bagi masyarakat hendak bersantai di pedestrian,  pihaknya telah menyiapkan kantong parkir persis di bawah Jembatan Ampera.

“Parkirnya sudah kita siapkan dibawah Ampera,  jadi pengunjung tinggal naik lewat tangga,” katanya

Diketahui, Ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera saat ini tak hanya sekadar berfungsi sebagai infrastruktur penyebrangan, trotoar Jembatan Ampera kini telah diubah menjadi sebuah pedestrian atau areal khusus pejalan kaki.

Layaknya pedestrian pada umumnya, pedestrian ampera dilengkapi dengan bangku, lampu taman, jalur sepeda,  tempat sampah, WIFI hingga CCTV.