Petugas menyuntikkan vaksin antirabies pada hewan peliharaan warga.

MUARAENIM, HS – Pemberian vaksin pada hewan peliharaan, terutama vaksin antirabies harus dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan yang berpotensi menyebarkan virus rabies.

‪‪“Pemilik hewan harus memberi vaksin rabies pada peliharaannya. Pemberian vaksin pada hewan lebih efektif mencegah rabies dibanding vaksin pada manusia,” terang Kepala UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kecamatan Lawang Kidul dan Tanjung Agung, Yenie Agustin, Rabu (15/3).

‬Menurut Yenie, ad‬apun hewan yang berpotensi menyebarkan virus rabies adalah kucing, anjing, atau monyet. Ketiganya dekat dengan manusia dan sebagian menjadi hewan peliharaan.

“‪‪Pemberian vaksin pada hewan kita lakukan hari ini dengan lokasi di Kecamatan Lawang Kidul, dengan koordinasi lurah dan desa setempat. ‪Selanjutnya kami didampingi ketua RT setempat yang secara door to door berkunjung ke rumah masyarakat yang memiliki hewan tersebut,” jelasnya.

‪Ditambahkan Yenie, khusus untuk ayam diberikan pula desinfektan yang disemprotkan ke kandang.

“‪Atas nama instansi, kami sangat berterima kasih atas kepedulian masyarakat yang secara kooperatif dalam  menjaga kesehatan keamanan hewan sekaligus kenyamanan bagi pemiliknya,” ujar Yenie. (EDW)