Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo meninjau pencetakan sawah di Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo meninjau pencetakan sawah di Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI.

PALI, HS –  Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir H Heri Amalindo MM, secara mendadak meninjau proses cetak sawah di Desa Pengabuan, Kecamatan Abab Kabupaten PALI, Sabru (17/9).

Usai meninjau lokasi pencetakan, Heri Amalindo kepada awak media menuturkan bahwa ada pengurangan lahan yang dicetak sebanyak 820 hektar.

“Berdasarkan penyampaian dari pihak TNI, terjadi pengurangan pencetakan sawah yaitu, dari sebelumnya 1.850 ha menjadi 1.030 ha. Itu sudah keputusan dari pemerintah pusat, kita di daerah hanya menerima,” ungkap Heri Amalindo.

Setelah selesai pencetakan sawah, nantinya akan diserahkan ke pemerintah daerah untuk diolah oleh masyarakat setempat.

“Pihak TNI itu hanya melakukan land clearing (LC) dan pencetakan sawah. Ketika sudah diserahkan ke kami, tentunya kami akan memprogramkan bantuan seperti pupuk, bibit hingga traktor,” tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel ini berharap agar pencetakan sawah cepat selesai.

“Kalau sudah selesai, maka masyarakat kami bisa langsung mengolah sawah tersebut. Dan bisa menambah ataupun menjadi sumber penghasilan mereka. Yang pastinya, program yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat wajib kita dukung dan kita laksanakan,” tandasnya.

Terpisah, Abdul Halim salah satu panitia pelaksana pencetakan sawah dari TNI menuturkan bahwa saat ini hanya ada 7 unit escavator dari 20 unit yang beroperasi di Desa Pengabuan.

Dirinya juga membenarkan terjadi pengurangan lahan dalam pencetakan sawah di Desa Pengabuan.

“Awalnya 1.850 ha, sekarang menjadi 1.030 ha. Untuk alasannya kami tidak bisa berkomentar banyak, itu sudah dari pemerintah,” singkatnya. (MAN)