Baturaja,HS-Dana Desa (DD) tahun 2018 untuk tahap pertama diperkirakan akan cair pada Februari dengan besaran 20 persen.  Pada tahun ini sistem pencairan dana desa (DD) terbagi dalam tiga tahap untuk tahap pertama sebesar 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU, Drs. Ahmad Firdaus.

Dijelaskannya, persyaratan penerimaan Dana Desa berdasarkan pada luas wilayah, jumlah penduduk, penduduk miskin, luas wilayah dan letak kesulitan geografis.

Jika desa tertinggal maka dana desa yang diterima lebih besar, begitu juga dengan jumlah penduduk miskin akan berpengaruh terhadap besaran dana desa.

Adapun Besaran dana desa (DD) tahun 2018 ini, kisarannya sekitar Rp.600 jt hingga Rp.1,1 miliar perdesa. Untuk tahap pertama pencairan 20 persen antara Rp.120 juta hingga Rp.220 juta,” jelasnya.

Firdaus menegaskan kepada kepala desa agar mempersiapkan laporan RKP dan APBDes, untuk segera disampaikan ke Dinas PMD melalui Kecamatan, sebab hingga saat ini masih banyak desa-desa yang belum menyampaikan laporan tersebut.

Pengelolaan Dana Desa harus bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, lakukan penyusunan secara transparan dan libatkan BPD, seluruh elemen masyarakat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan, sehingga pengelolaan dana desa dapat terealisasi dengan baik dan tepat sasaran,” tambahnya.

Lebih lanjut Firdaus berharap dalam pelaksanaan DD tahun 2018 ini, pembangunan dapat terlaksana sesuai yang tertuang dalam APBDes, selain itu dapat memperkecil kesenjangan dan jumlah penduduk miskin serta pengangguran yang ada di desa. (why)