Jpeg

PALI, HS – Pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua diprediksi akan bisa dikucurkan pada bulan depan atau Oktober 2016 mendatang.

Informasi tersebut dikatakan langsung oleh Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten PALI, Arif Firdaus disela kegiatannya beberapa waktu yang lalu.

“Belum bisa dipastikan pencairan DD tahap kedua ini kapan, bisa jadi bulan Oktober baru berjalan. Karena saat ini, kita sedang menunggu surat dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Karena sekarang, dana tersebut masih di Kemenkeu RI,” beber Arif Firdaus.

Terkait laporan pertanggungjawaban DD pada tahap pertama yang lalu, Arif mengklaim tidak ada laporan janggal atau bersih.

“Semua laporan dari desa Alhamdulillah sudah selesai. Dan tidak ada kendala atau kejanggalan dalam laporan tersebut. Bahkan sekarang laporan itu sudah diserahkan ke Bapak Bupati,” sambungnya.

Dirinya berharap agar pemerintah desa menggunakan DD pada tahap kedua ini lebih maksimal lagi dan sesuai dengan skala prioritasnya.

“Sehingga terciptalah pemerataan pembangunan di desa-desa di Kabupaten PALI,” tandasnya.

Sebelumnya, ‎Koordinator Pendamping Desa Kabupaten PALI, Dede Fatimah SP sempat mengatakan, bahwa pencairan dana desa tahap pertama, sebesar 60 persen di tahun 2016 ini, yang dimamfaatkan untuk melakukan pembangunan fisik sebesar 75 persen dan pemberdayaan sebesar 25 persen sudah selesai dilaksanakan dengan baik.

“Pengelolaan tahap pertama pencairan dana desa sudah selesai dilakukan pak. Desa-desa kita minta sudah memberikan laporan realisasi kegiatan mereka dan mempersiapkan berkas-berkas untuk melakukan pencarian dana desa untuk tahap dua yang tinggal 40 persen lagi,” katanya. (MAN)