PALEMBANG,HS – Guna memasyarakatkan penggunaan Bios 44 ke seluruh wilayah Sumatera selatan, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. beserta rombongan dari Tim Gator Korem 044/Gapo pada hari Kamis (1/2) melakukan peninjauan lahan cetak sawah di Desa Pengabuhan Kec. Abab dan sosialisasi serta penebaran Bios 44 di Desa Simpang Tais Kec. Talang Ubi Kab. Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Rombongan yang berangkat dari Palembang menggunakan Spedboad dari Dermaga Bekangdam II/Swj menuju Dermaga PT. EPI dan dilanjutkan dengan jalur darat menggunakan motor trail menuju Desa Pengabuan Kec. Abab Kab. PALI guna meninjau cetak sawah dalam Program CSR PT. Per­tamina EP (PEP) Asset 2 Adera Field melalui pembentukan demplot sawah di lahan tidur Desa Pengabuan sebagai lahan sistem Jajar Legowo dan Salibu. Dalam program ini, PT. Pertamina EP Adera mengajak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan, BP4K Kab. PALI dan Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Kab. PALI, Penyuluh Pertanian Lapangan dan TNI serta Kelompok Tani Desa Pengabuan.

Dengan hasil program ini, terlihat hamparan sawah yang luas, sehingga membangkitkan kembali animo warga Desa Pengabuan untuk kembali mengelola sawahnya, terbukti dengan banyaknya lahan yang telah digarap dan menghasilkan. Dan kini luas sawah yang ada di Desa Pengabuhan seluas 1.730 Ha yang digarap oleh para petani yang tergabung dalam Gapoktan Pelita Baru.

Usai meninjau program cetak sawah, Danrem 044/Gapo bersama Bupati PALI, Wakil Ketua DPRD Kab. PALI, Dandim 0404/Muara Enim dan Kapolres PALI beserta rombongan lainnya berlanjut menuju Desa Simpang Tais Kec. Talang Ubi Kab. PALI. Disini Danrem 044/Gapo memberikan sosialisasi tentang Bios 44 kepada Kelompok Tani (Poktan) Jasuma Desa Simpang Tais dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sosialisasinya, Kolonel Kunto menyampaikan bahwa Bios 44 hasil inovasi Korem 044/Gapo adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yang merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. “Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang, “terangnya

Setelah menyampaikan sosialisasi, Danrem 044/Gapo diikuti rombongan lainnya melakukan penyebaran Bios 44 di lahan pertanian tanaman kedelai milik Poktan Jasuma. Diharapkan dengan pemberian Bios 44 ini dapat meningkatkan hasil produktivitas hasil kedelai khususnya di Desa Simpang Tais Kec. Talang Ubi ini.