PALEMBANG,HS – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Kodim 0418/Palembang resmi dibuka oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, S.Sos. dengan mengambil tema “Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional” bertempat di lapangan UPTD Dishub Kota Palembang Jln. Pulokerto Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Kota Palembang, Selasa (26/02/2019).

Usai membuka resmi seremoni Protes TMMD Danrem 044/ Gapo Kolonel Arh Sonny Setiono, Walikota, Kapolresta, Kajari, dan Ketua DPRD Kota Palembang menggunakan motor meninjau lokasi pembangunan fisik Jalan yang terletak di Kampung Sungai Rengas Kelurahan Pulo kerto Palembang

Walikota Palembang Harnojoyo, S.Sos. selaku Inspektur Upacara menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kodim 0418/Palembang atas dukungan dan kerjasamanya yang sudah terjalin selama ini. “Karena kerjasama ini nantinya akan dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Palembang untuk mewujudkan Kota Palembang Emas Darussalam Tahun 2023”, ungkap Harnojoyo.

Seperti halnya program TMMD ini menunjukkan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara TNI dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Program ini dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Kota Palembang masih banyak memerlukan bantuan dari semua stakeholder termasuk dari TNI. Sehingga keberadaan TNI sangat dibutuhkan dalam rangka mensinergikan pembangunan bersama masyarakat, membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur diwilayah pinggiran Kota Palembang”, terang Walikota.

Program TMMD merupakan tugas mulia dan sudah banyak pengabdian maupun keberhasilan yang ditorehkan. Satu bukti yang tidak terbantahkan bahwa semangat gotong royong terus terawat dengan baik lewat TMMD. “Inilah Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang telah banyak memberi manfaat nyata demi terwujudnya infrastruktur Kota Palembang yang handal berlandaskan gotong royong”, pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. dalam laporannya, menyampaikan dalam program TMMD kali ini ada dua sasaran yaitu sasaran fisik meliputi pembuatan jalan penghubung antara Kampung Pulokerto menuju Kampung Sungai Lacak sepanjang 2.000 meter lebar 6 meter dan pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 titik, rehab Masjid At-Taufik, pembuatan jembatan panjang 6 meter lebar 4 meter, pembuatan Pos Kamling 3 unit dan pembuatan MCK 3 unit. Sedangkan sasaran non fisik yaitu Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis, sunatan massal dan donor darah serta melaksanakan kegiatan penyuluhan bela negara, hukum, keagamaan, Bios 44, pertanian, perkebunan dan perikanan.