Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki

PALEMBANG, HS – Terjadinya Longsor dan banjir dikabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan saat ini membuat jalan-jalan utama rusak parah akibat longsor membuat masyarakat setempat terganggu untuk beraktivitas serta satu petani juga menjadi korban akibat tertimbun longsor di OKU Selatan.

Bupati OKU Selatan Popo Ali kepada HALUAN SUMATERA menjelaskan, sejauh ini sudah banyak titik longsor di OKU Selatan. Terlebih ada tiga ruas jalan provinsi yang beberapa waktu belakang terkena dampak bencana longsor dan banjir dan jalan-jalan yang patah akibat tanah longsor. Bahkan ada juga satu korban jiwa tertimbun reruntuhan tanah.

“Bencana yang terjadi di OKU Selatan murni karena bencana alam serta letak georafis di sana yang berbukit dan Curah hujan sangat tinggi, apalagi kondisi daerah yang berbukit yang menyebabkan bencana tanah longsor. Oleh karena itu ke depan kita mengajak masyarakat, tagana, BPBD dan lain-lain untuk menanggulangi bersama bencana tersebut,” terangnya saat diwawancarai di Pemprov Sumsel, Selasa (6/12).

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki juga menyampaikan, kunjungan bupati kesini untuk melaporkan kerusakan jalan akibat sering turunnya hujan cukup tinggi yang ahkir-ahkir ini.

“Jadi ada jalan itu longsor ada jalan tergrus oleh sungai dan ada jalan menurun dan tidak bisa dilalui patah badan jalan tersebut serta ada juga jembatan yang rusak akibat longsor dan mengakibatkan satu korban yang meninggal akibat longsor itu.

Ia berkata, pemerintah Provinsi Sumsel akan segera memperbaikin jalan yang sudah rusak parah tapi bertahap karna keterbatasan dana.

“Kalau untuk bencana itu ada dananya tapi tidak banyak terbatas dan di 2017 ini semua jalan di OKU Selatan yang terkena dampak bencana longsor segera akan diperbaikin,” tegasnya. (MDN)