PALEMBANG,HS -, Sebanyak 140 mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengikuti Pelatihan Kepempinan Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMTM) yang dilaksanakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (Demaf) di ruang seminar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Kamis (3/5/2018).

Dalam pelatihan ini pemateri yang hadir yakni Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, Kepala Dinas Keteganakerjaan Sumsel, Ketua Bawaslu Sumsel, ketua Balai Diklat keagaaman Palembang, Kasubag Inmas Kakanwil Kemenag Sumsel.

Ketua Demaf UIN RF, Imam Santoso mengatakan, kegiatan PKMTM bertujuan bagi mahasiswa/i yang kedepannya ingin untuk menjadi ketua HMJ, Demaf, dan ketua Dema UIN dimasa yang akan datang.

“Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk menjadikan dan mencari sosok ketua atau pemimpin terbaik dimasa yang akan datang,” kata Imam.

Dalam kegiatan ini, peserta juga membuat laporan berbentuk tulisan rangkuman dari beberapa narasumber dan pandangan isu-isu yang khususnya ada di area UIN RF.  “Setelah membuat laporan itu kita akan diskusikan bersama peserta pelatihan lainnya,” ujarnya.

Imam menambahkan, dirinya berharap PKMTM ini tidak hanya menjadikan ketua-ketua organisasi di lingkungan UIN RF saja tetapi bisa menjadi pemimpin yang berguna di lingkungan masyarakat nantinya.

“Saya berharap PKMTM ini bisa menambah wawasan untuk bagaimana memiliki jiwa kepemimpinan, sosial dikemudian hari untuk terjun dan berguna di lingkungan masyarakat dan tidak di area kampus saja. Selain itu, bisa di implementasikan hal positif di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.