desa

Haluan Musirawas – Pemerintah Kabupaten Musirawas mendukung penuh Desa Ngadirejo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musirawas sebagai satu-satunya wakil Provinsi Sumatera Selatan Lomba Desa tingkat Nasional Tahun 2016.

Sebagai wujud dukungan, Pemerintah Kabupaten Musirawas mengadakan acara dalam menyambut kedatangan Tim Penilai Desa ke Kabupaten Musirawas guna melakukan verifikasi dalam menyesuaikan data dan fakta yang ada di lapangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP PKK, FKPD, Asisten, Staf Alhli, Kepala SKPD, Tokoh Masyarakat & Agama, Camat Lingkungan Pemkab MURA, Kades se-Kecamatan Tugumulyo beserta masyarakat Desa Ngadirejo.

Beberapa pertimbangan dipilihnya Desa Ngadirejo oleh BPMPD Kabupaten Musirawas guna diikutkan dalam perlombaan dikarenakan desa ini memiliki aspek administrasi yang baik di bidang pemerintahan desa sebagai salah satu aspek unggulan yang akan dinilai oleh tim penilai dari Pemerintah Pusat.

Selain itu, beberapa aspek unggulan yang menjadi pertimbangan karena desa ini merupakan pusat pengembangan agrowisata berupa budidaya ikan lele, produk pengolahan lele, pemanfaatan limbah ternak kotoran sapi yang diubah jadi biogas, dan pengembangan usaha peternak itik. Dari Sektor pendidikan, Desa Ngadirejo juga telah mendirikan kebun PAUD dan satgas belajar.

“Dengan beberapa aspek unggulan tersebut diharapkan Desa Ngadirejo dapat menunjukan yang terbaik di tingkat Nasional, diharapkan dapat menjadi pemacu bagi desa desa yg lain, karena jika memang mau, Desa kita bisa menjadi yang terbaik”, ujar Kepala BPMPD Kabupaten Musirawas, H Dian Chandra.

Dalam Sambutannya, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2016, Wawan Munawar mengatakan, Desa Ngadirejo satu-satunya desa dari 100 desa di 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel menjadi desa terbaik. Sehingga, dicalonkan mengikuti lomba desa mewakili 100 desa lainnya ke tingkat nasional.

Untuk tahap pertama pihaknya mendapatkan data yang dikirimkan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Musirawas ke Provinsi Sumsel. Data tersebut perlu dicek, sehingga pada tahap kedua tim penilai turun ke lapangan untuk melihat fakta lapangan.

“Kita lakukan pencocokan di lapangan, apakah data yang diberikan sama dengan fakta di lapangan,” kata Wawan Munawar.

Tahapan selanjutnya, dari hasil pengecekan lapangan ini, akan dilakukan paparan oleh tim penilai. Kemudian pada tahap keempat, para kepala desa yang masuk nominasi melakukan paparan kembali, mengenai potensi-potensi yang ada.

“Paparan dari kades ini akan menjadi penentu akhir. Para kades ini yang paling tahu mengenai potensi desa dan masyarakatnya,” katanya.

Sementara itu, untuk zona I lomba desa, diikuti oleh empat propinsi, yaitu Aceh, Sumbar, Sumsel dan Lampung.

Wawan Munawar juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap Bupati Musirawas. “Dalam tahun pertama kepemimpinannya ini bupati telah menunjukan kinerja yang baik karena salah satu desanya masuk nominasi desa terbaik”, ungkapnya.

Di kesempatan yang sama H. Hendra Gunawan juga menyampaikan bahwa dengan niat yg tulus, Pemerintah optimis dapat memberikan yg terbaik untuk Desa, kecamatan dan masayarakat. “Saya Optimis Desa Ngadirejo dapat memberikan prestasi terbaik. Terima kasih atas kehadiran tim penilai yang sudah berkunjung ke Kabupaten Musirawas”, pungkasnya. (Eddy)