PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menerima Danrem 044/ Gapo Kolonel ARH Sonny Septiono bersama Kasi Intel 044/Gapo Letkol INF Ihsan, Rabu (6/2) di ruang kerja gubernur. Kepada Danrem, Herman Deru meminta Sumsel bersih dari asap Karhutla.
Menurut mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut, Provinsi Sumsel tahun ini harus bebas dari Karhutla untuk itu ia berharap Danrem 044/Gapo beserta anggotanya ikut aktif meminimalisir Karhutla. 
“Karhutla itu ada yang memang disengaja dan tanpa dibakarpun juga menyala. Saya harap Danrem harus siap untuk menanggulangi kebakaran paling tidak menimalisir itu,”katanya.
Gubernur juga meminta agar Danrem menyusun personel untuk penanggulangan Karhuta mulai bulan Februari. Antisipasi ini harus dilakukanKepala Daerah bersama Wakil Gubernur, mengingat musim hujan akan berakhir. 
“Terkait Karhutla saya sebagai Kepala Daerah ingin kerja satgas bukan hanya di musim kemarau saja akan tetapi di musim hujan ini untuk segera mencari cara agar tidak terjadi Karhutla. Di bulan Februari ini kita mulai susun dalam kesiagaan kita untuk mengatasi Karhutla,”ungkapnya.
Lebih lanjut orang nomor satu di Sumsel mengatakan walaupun tahun kemarin ada event Internasional seperti Asian Games bukan bearti tahun ini tidak ada event Internasional harus ada asap. Namun, katanya tidak ada event Internasional Sumsel harus tidak ada asap. 
“Waktu ajang internasional tidak ada Karhutla  akan tetapi meski tidak ada event Sumsel harus tidak ada asap. Saya harap kepada Danrem untuk mempersiapkan baik dalam personel maupun peralatannya dalam mengatasi karhutla,”tuturnya.
Tak hanya itu, Gubernur Sumsel Herman Deru juga menginginkan Pemprov Sumsel bersama Danrem untuk tetap terus bersinergi dengan menjalin komunikasi yang baik. 
“Saya ingin ada chemistr yang terbangun antara Pemprov Sumsel bersama Danrem dengan menjalin komunkiasi yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas guna saling bersinergi dan membantu demi Sumsel,”ucapnya.
Sementara itu, secara singkat Danrem 044/ GAPO Kolonel ARH Sonny Septiono mengatakan bahwa telah mendapat informasi data dalam perkiraan cuaca menurut BMKG cuaca di Sumsel akan lebih panas lagi dari sebelumnya. Oleh karena itu, Sonny mengatakan akan siap mengatasi dan menimalisir hal yang terjadi seperti Karhutla.