PALEMBANG,HS – Dimakan usia pelat yang selama ini menopang lantai jembatan Musi II di Palembang, jebol akibatnya, akses menuju ke Ogan Ilir dan Lampung macet parah.

Saat di konfirmasi Syaiful Anwar, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V menjelaskan, jembatan Musi II ini dibangun tahun 1990 dengan sistem rangka. Sistem lantai juga ini pakai plat.

Meskipun sudah berusia tua, jembatan itu lanjut Syaiful selalu dirawat secara rutin. Namun plat baja tiba-tiba jebol setelah 3-4 bautnya lepas.

“Kita ada dana rutin, dana berkala merawat jembatan. Tapi ternyata tadi pagi ada kabar stringer bautnya lepas ada 3 atau 4, ya jadi lepas plat lantainya,” kata Syaiful.

Kerusakan sendiri, ditambahkan Syaiful, berada di satu segmen sepanjang 5 meter. Rusaknya plat karena baut penahan lepas dan rusak karena termakan usia.

“Itu untuk memperbaiki lantainya harus kita buka. Kerusakan satu segmen sepanjang 5 meter dan baut ini betul-betul rusak karena usianya, bukan dicuri,” katanya tegas.

Sementara akibat kejadian ini Satlantas dan Tim Hunter Polrestabes Palembang yang ada di lokasi cukup kewalahan dengan banyaknya jumlah kendaraan yang datang dari dua arah yang berlawanan.

“Saat ini kita melakukan pengaturan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Namun karena jumlah kendaraan yang begitu banyak, kita agak kesulitan mengaturnya,” ujar Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol Arif Harsono, Kamis (19/3/2020).

Dia menyebut, kesulitan yang dihadapi yakni, karena yang melintas di jalan tersebut kendaraan besar yang akan masuk ke jalur menuju arah Kertapati dan Kabupaten Ogan Ilir.

“Untuk sementara arus lalu lintas akan dialihkan ke jembatan baru, duplikat Musi II yang berada di sebelahnya dan Musi IV. Karena prediksi perbaikan jembatan dari pihak PU, perbaikan jembatan membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama dan mencapai 14 hari,” tutupnya.