Abdiyanto Fikri SH.

Abdiyanto Fikri SH.

OKI, HS – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI- Perjuangan) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Abdiyanto Fikri SH, sangat memaklumi sikap pemerintah pusat terkait belum ditindaklanjutinya aspirasi atas usulan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pantai Timur, OKI lantaran faktor keuangan.

Menurut Fikri, kalaupun pembentukan DOB Pantai Timur dipaksakan maka akan memberatkan kabupaten induk, yakni OKI.

“Kami sangat menghargai apa yang telah diputuskan Mendagri, Cahyo Kumolo yang belum menindaklanjuti usulan pembentukan DOB karena faktor keuangan. Memang kondisi saat ini belum tepat untuk dibahas pembentukan DOB dan masih dalam moratorium,” kata Fikri, yang merupakan tokoh masyarakat Pantai Timur OKI, Rabu (5/10).

Menurut politisi PDIP OKI ini, Pantai Timur termasuk dalam 65 daerah otonomi baru yang sudah masuk dalam amanat presiden, termasuk pula DOB Kabupaten Kikim.

Dia berharap pembahasan mengenai DOB Pantai Timur ini dapat kembali dibahas ditahun 2017 mendatang dengan mempertimbangkan pelbagai aspek.

“Kawasan Pantai Timur sudah sangat layak sekali untuk dimekarkan. Tentunya dengan melihat beberapa aspek pendukung yakni faktor geografis, rentang kendali dan kajian ekonomi,” ucap anggota DPRD OKI ini. (TOM)