MUARAENIM, HS – Bus Penumpang Cahaya bernomol polisi BG 7249 RG yang dikemudikan oleh Yovi Kurniawan (29), terguling akibat diserempet truk bermuatan batubara dari arah Lahat menuju Palembang. Peristiwa naas ini terjadi tepatnya di Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, Minggu (28/5).

Akibat lakalantas tersebut, seorang penumpang bus bernama Ema Dwi Astuti (35) warga kelurahan Sukajadi, Prabumulih, meninggal dunia. Sedangkan supir bus, Yovi kurniawan dan seorang penumpang, Mahmudin (30) mengalami luka di sekujur tubuh dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pertolongan pertama.

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, kejadian lakalantas tersebut terjadi ketika bus yang berisi tiga penumpang datang dari arah Palembang menuju ke Prabumulih.

Ketika berada di lokasi kejadian, dari arah belakang datang mobil dumptruck BG 8112 IA yang dikemudikan oleh Armidiansyah hendak mendahului mobil bus tersebut. Ketika posisi dumptruck sejajar ingin menyalip tiba-tiba dumptruck tersebut membanting setir ke kiri dan menyerempet mobil bus.

Akibat kuatnya benturan tersebut, membuat mobil bus menjadi oleng dan terbalik sehingga pengemudi dan penumpang mobil bus mengalami luka-luka dan dibawa ke Puskesmas terdekat dilakukan pengobatan.

Menurut Yovi, supir Bus, bahwa sebelum kejadian ia melihat truk batubara ingin menyalip mobilnya. Namun tidak tahu mengapa supir dumptruk sepertinya lama sekali menyalip dan terkesan memepet busnya sehingga akhirnya menyerempet dan terbalik.

“Saya juga heran, dan sudah berupaya menghindar, namun mobil truk batubara mepet terus,” ujar Yopi.

Sedangkan menurut salah seorang kerabat korban yang enggan disebutkan namanya, bahwa korban Ema Dwi Astuti (35) warga Kelurahan Sukajadi, baru pulang melayat keluarganya yang meninggal di Palembang. Dan rencananya hari ini mau pulang ke rumah.

Sementara itu, Kapolres Muaraenim, AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP melalui Kasatlantas AKP Adik, membenarkan adanya Lakalantas antara bus penumpang dengan dumptruck, yang menyebabkan satu korban jiwa.

Saat ini, supir truk batubara dan barang bukti kendaraan sudah diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut. (EDW)