Kepala Disparbud OKI, H Amiruddin.

Kepala Disparbud OKI, H Amiruddin.

OKI, HS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengatakan Kecamatan Pampangan, OKI menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKI. Objek yang diandalkan di Kecamatan Pampangan yakni destinasi kerbau.

“Kerbau yang ada di Kecamatan Pampangan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan luar untuk mengunjunginya. Tinggal bagaimana untuk mensinergikan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang Pampangan sebagai pilihan destinasi,” kata Kepala Disparbud OKI, H Amiruddin, pekan lalu.

Menurut dia, ada tiga sistem yang harus diadopsi agar pariwisata dapat berkembang pesat yakni, speed, solid dan smart. Ketiga item ini harus berkolaborasi mewujudkan peningkatan pariwisata OKI.

Destinasi kerbau ini, kata dia, dapat dikembangkan ke dalam pariwisata. Namun harus didukung semua pihak.

“Ada beberapa leading sektor yang harus dilibatkan, seperti Dinas PU untuk pengerjaan infrasyruktur menuju ke objek wisata, dinas pertanian dan dinas lainnya,”katanya.

Dia menegaskan bahwa pariwisata itu tidak selalu berupa objek. Pariwisata itu sekitar 50% budaya, 30% alam dan 20 buatan. Berdasar hasil survei bahwa kunjungan pariwisata sekitar 60% pada budaya, 35% wisata alam dan sisanya wisata buatan. (TOM)