Palembang,Haluansumatera.com-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jenjang SMP di Kota Palembang yang bakal digelar 15 Juli 2019 mendatang.

Pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang menegaskan kepada seluruh SMP di Palembang untuk menjalankan MPLS tanpa unsur perloncoan.Hal tersebut diungkap kepala Bidang SMP Disdik Kota Palembang Drs. H. Herman Wijaya, M.Si.

Pasalnya kata Herman, tujuan MPLS sendiri bagi peserta didik baru adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya yakni terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Selain itu lanjut Herman, MPLS ini untuk mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong pada diri siswa. 

Kita juga meminta Kepala Sekolah dan guru untuk tetap mewaspadai aktivitas PLS di masing-masing sekolah. Sebab kita ingin menghindari tindakan kekerasan serta perpeloncoaan di sekolah. Makanya Disdik meminta mereka agar tetap memantau aktivitas PLS tersebut nantinya, ujar Herman Wijaya.

Masalah teknis dan tata cara PLS sendiri, pihaknya menyerahkan kepada sekolah ditempat.Ya, pastinya mereka tidak boleh menyuruh siswa baru membawa seperti coklat, permen atau alat-alat perpeloncoan, sebab PLS ini tujuannya mendidik siswa, bukan memalukan atau mengajarkan kekerasan kepada siswa baru, jelasnya.(HSB)