PALEMBANG,HS – Seringnya kecelakaan di perairan Sungai Musi menjadi perhatian serius oleh pihak Dinas Perhubungan Sumsel. Padahal sebelum kejadian tersebut atau tepatnya empat hari lalu Mentri Perhubungan RI,  Budi Karya Sumadi sudah melakukan sosialisasi langsung kepada serang serta penumpang kapal di dermaga bawah jembatan ampera Palembang tentang pentingnya life jaket dan pelampung sebagai peralatan keselamatan.

“Kita sudah sosialisikan terus dengan para serang dan penumpang pentingnya keselamatan, tapi mereka memang tidak mengindahkannya,” ujar Kadishub Sumsel, Nelson Firdaus, saat diwawancarai dipemprov sumsel Kamis (31/5/2018).

Menurutnya, kecelakaan yang merenggut empat korban jiwa tersebut memang murni human eror alias kelalaian dari serang speedboat. Tak ada kaitannya dengan kurang masifnya sosialisasi keselamatan yang terus pihaknya geber.

“Ini murni human eror,  serang kapal
juga sedang diperiksa. Harapan kita para serang dan penumpang mematuhi aturan yang diterapkan,  jangan sampai kejadian tersebut terjadi kembali,” katanya

Menyikapi terjadinya kecelakaan speedboat dan jelang arus mudik lebaran,  pihaknya juga bakal melakukan sidak secara mendadak terhadap alat kesalamatan yang ada di dalam speedboat  akan membawa para penumpang mudik.

“Untuk pengawasan 7 GT itu ke dishub Palembang yang berwenang. Intinya jelang arus mudik ini akan kita perketat lagi pengawasannya,” tutupnya