PALEMBANG,HS – Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta, Guna menghadapi pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia ini.

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan mengajukan bantuan sewa kendaraan kepada panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC.

Sekretaris Dishub Provinsi Sumsel Uzirman mengatakan, pihaknya telah mengajukan bantuan berupa sewa kendaraan dari INASGOC. Total sewa kendaraan yang diajukan untuk digunakan pada saat pesta olahraga yang diikuti sekitar 45 negara tersebut di Kota Palembang berjumlah sebanyak 211 kendaraan.

“Kita mengajukan untuk bantuan 211 kendaraan ke INASGOC dan yang kita ajukan itu semua sewa, bukan membeli baru, mengingat kegiatan yang digelar hanya 18 hari,” ujar Uzirman, Kamis (28/12/2017).

Dirincikan dia, pengajuan tersebut terdiri dari sebanyak 50 unit bus besar, 28 unit minibus (Pajero dan Fortuner), 100 unit minibus (Innova), lima unit sedan Camry, 15 mobil box standar, lima unit pick up besar (truk terbuka), empat unit mobil derek dan sedikitnya empat unit lavatory.

“Itu semua yang kita ajukan ke INASGOC. Nanti, bantuan dari INASGOC itu akan digunakan untuk tamu, atlet dan lain sebagainya,” katanya

Lanjutnya, Selain mengajukan ke INASGOC, pihaknya saat Asian Games nanti akan membutuhkan banyak kendaraan. Meski begitu, Sumsel juga telah mendapat tambahan bantuan dari Kementerian Perhubungan sebanyak 50 unit bus besar.

“Untuk 50 bus bantuan sewa dari Kemenhub itu, rencananya akan digunakan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan Asian Games di Jakabaring Sport City Palembang,” jelasnya

Ia juga menambahkan, untuk masyarakat yang ingin menyaksikan perhelatan akbar skala internasional itu pihaknya akan fungsikan tujuh titik park and ride yang diperuntukan untuk parkir kendaraan pribadi di tempat parkir dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus yang telah disediakan.

Menurutnya, tujuh titik park and ride tersebut tersebar di sejumlah titik di Kota Palembang. Pertama di Gedung DPRD Provinsi Sumsel, Simpang Balai Latihan Kerja (BLK) Kenten, Asrama Haji Palembang, kawasan Veteran, Stasiun Kertapati, Plaju Stadion Patra dan terakhir berada di Dekranasda.

Dijelaskannya, tujuh titik lokasi tersebut diperuntukkan untuk warga yang ingin menyaksikan pertandingan di JSC Palembang. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat bisa diparkirkan di lokasi tersebut dan Pemerintah akan mempersiapkan petugas baik dari Dishub dan pihak terkait di area parkir tersebut.

“Silahkan parkir di tujuh titik yang telah kita tentukan itu. Di sana juga akan diletakan mobil shuttle yang datang lima menit sekali. Kendaraan bisa parkir di sana,” tegasnya (MDN)