Kepala Diskop UKM Kabupaten Pali, Husman Gumanti dan stafnya berbincang dengan Husen, seniman kralon.

Kepala Diskop UKM Kabupaten Pali, Husman Gumanti dan stafnya berbincang dengan Husen, seniman kralon.

PALI, HS – Mengetahui adanya Kerajinan Paralon (Kralon) hasil kreasi dari warga Gang Masjid, Kecamatan Talang Ubi, Pendopo, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten PALI langsung meninjau ke rumah produksi salah satu kerajinan khas Bumi Serepat Serasan itu, Senin (31/10).

Dengan ditemani beberapa staf, Kepala Diskop UKM Kabupaten PALI, Husman Gumanti langsung berdiskusi dengan Husen, sang kreator pembuat Kralon.

(Baca: Ditangan Husen, Pipa Bekas Jadi Benda Seni Kralon)

Husman Gumanti berjanji akan membina serta membantu mengembangkan kerajinan Kralon serta membantu mempromosikan tidak hanya tingkat kabupaten, tapi juga tingkat provinsi atau nasional.

“Yang pastinya, Diskop UKM akan senantiasa membina serta membantu mengembangkan usaha kecil seperti kerajinan peralon. Tinggal lagi kepada pelaku usahanya untuk ditekuni, karena Diskop UKM Kabupaten PALI akan siap menumbuh kembangkan ekonomi kreatif di Bumi Serepat Serasan,” bebernya.

Husman juga menyarankan Husen untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan dan membuat proposal ke Diskop UKM Kabupaten PALI.

“Catat serta tulis bahan apa saja yang dibutuhkan. Kemudian ajukan proposal ke Diskop UKM. Akan kita anggarkan di tahun 2017 mendatang,” janji Husman.

“Kalau memang bisa, Kralon tersebut akan kita patenkan sebagai kerajinan khas kabupaten PALI,” tutupnya.

Husen (42) sang kreator pembuat kralon menyambut baik kedatangan Dinas Koperasi dan UKM. Dirinya juga sangat berharap Pemerintah melalui Diskop UKM bisa membantu usaha yang baru digelutinya satu tahun ini.

“Saya optimis, dengan dukungan dari pemerintah, usaha mengukir paralon ini bisa maju dan berkembang. Karena, dengan begitu akan membuka lapangan kerja bagi para pemuda di Kabupaten PALI yang belum mendapat pekerjaan. Hal itu tentunya bisa mengurangi angka pengangguran di Bumi Serepat Serasan,” tutupnya. (MAN)