BATURAJA,HS –Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dispora OKU, Iwan Setiawan mengatakan pada 13-15 Maret 2018 mendatang pihaknya akan membuka pendaftaran seleksi putra dan putri terbaik daerah untuk menjadi 36 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

36 Putra dan Putri OKU yang terpihih ini nantinya akan bertugas untuk mengibarkan benderah merah putih pada perigatan HUT RI yang diperingati setiap 17 Agustus. “Terkait hal tersebut saat ini kita baru sebatas sosialisasi turun kelapangan sekolah-sekolah. Dalam hal ini, tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA) yang ada di OKU,” kata Iwan

Iwan menceritakan seperti yang dilakukan kemarin, mereka mendatangi sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Baturaja Timur. Hari ini di Kecamatan Ulu Ogan. Besok ke Kecamatan Lengkiti.

“Hal ini selanjutnya terus akan dilakukan keliling ke SMA dan SMK Negeri maupun swasta. Tujuan, mendapatkan putra dan putri terbaik OKU untuk menjadi anggota Paskibraka. Jadi kita tidak hanya sebatas menyurati ke sekolah-sekolah terkait hal ini, melainkan kita datangi langsung ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi,” ucapnya.

Diceritakan Iwan, sekarang ini masih tahapan sosialisasi. Untuk pembukaan atau pendaftaran seleksi Anggota Paskibraka di OKU dijadwakan pada 13-15 Maret 2018. Untuk menjadi anggota Paskibraka ini masih tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya sebanyak 36 orang. Laki-laki dan perempuan.

“Untuk standar dan persyaratan masih tetap sama mengacu pada Permenpora 015 tahun 2014. Akan tetapi seleksi setiap kabupaten dan kota ini mengalami perubahan. Tahun yang sudah-sudah, setiap kabupaten dan kota mengirim 6 orang ke provinsi untuk seleksi menjadi Paskibra Provinsi dan Nasional. Untuk tahun ini perubahannya pihak provinsi cuma minta 4 orang atau 2 orang pria dan 2 orang putri dari kabupaten dan kota, untuk seleksi ditingkat Provinsi dan Nasional. Untuk seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional dijadwalkan pada April 2018 mendatang,” jelasnya. (Sri Wahyuningsih)