Bermain di kandang sendiri, Arema Cronus ditahan imbang Mitra Kukar. Hasil ini membuat tim asal Malang ini gagal mengkudeta pimpinan klasemen Madura United.

Bermain di kandang sendiri, Arema Cronus ditahan imbang Mitra Kukar. Hasil ini membuat tim asal Malang ini gagal mengkudeta pimpinan klasemen Madura United.

MALANG, HS – Arema Cronus harus puas meraih hasil imbang saat menjamu tamunya Mitra Kukar dalam lanjutan kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang digelar di Stadion Gajayana Malang, Jum’at (30/9).

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya sendiri, Arema langsung memeragakan permainan agresif demi memburu kemenangan untuk mendongkel Madura United dari puncak klasemen yang sebelumnya bermain imbang. Namun tidak mudah bagi Arema menembus lini pertahanan Mitra Kukar.

Peluang emas diperoleh Cristian Gonzales untuk membawa Arema unggul lebih dulu pada menit ke-18. Tapi tendangan kaki kiri dari jarak dekat menyambut umpan Marcio Teruel dapat diblok kiper Gerri Mandagi.

Arema nyaris tertinggal akibat blunder penjaga gawang Ahmad Kurniawan pada menit ke-27. Menerima back-pass dari rekannya, AK tidak bisa menguasai bola dengan baik. Beruntung bola hanya bergulir di sisi kiri gawang.

Tuan rumah mencoba peruntungan mereka lalui set-piece guna mengubah papan skor. Arema nyaris menjebol gawang Mitra Kukar pada menit ke-34, tapi tendangan bebas Nicholas ‘Nick’ Kalmar menerpa mistar gawang.

Di lima menit waktu tersisa, Mitra Kukar patut berterima kasih kepada Gerri. Pasalnya, sang kiper melakukan dua penyelamatan gemilang untuk menghindari gawangnya dari kebobolan dengan memblok sundulan Ahmat Alfarizie, dan tendangan bebas Teruel.

Babak pertama pun diakhiri dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, permainan Arema dan Mitra Kukar tidak mengalami perubahan. Arema mencoba meningkatkan intensitas serangan untuk memecah kebuntuan, tapi pertahanan solid Mitra Kukar membuat tuan rumah menemui tembok kokoh.

Bahkan, Arema hampir saja tertinggal lebih dulu menjelang laga berjalan satu jam. Marlon da Silva yang bergerak sendirian mendekati kotak penalti.

Setelah mengecoh Goran Ganchev, Marlon melepaskan tendangan. Sayangnya, bola melambung di atas mistar.

Stamina penggawa Arema mulai merosot setelah selama 70 menit menyerang secara bertubi-tubi. Kendati demikian, kondisi ini tidak membuat Mitra Kukar keluar menekan, dan tetap memperkuat barisan pertahanan.

Akibatnya, bola lebih sering berkutat di lini tengah. Kans diperoleh Arema pada menit ke-73. Hamka Hamzah menyambut tendangan bebas Teruel, tapi sundulannya menyamping di sisi kanan gawang Gerri.

Enam menit menjelang laga berakhir, AK melakukan penyelamatan guna mencegah gawang Arema dari kebobolan ketika ia menepis tendangan bebas Michael Orah yang disundul Yogi Rahadian.

Skor imbang tanpa gol tidak mengalami perubahan hingga wasit meniup peluit panjang. (AND)