Tim sepakbola PON Sumsel gagal melaju ke babak final usai ditaklukkan Sulsel.

Tim sepakbola PON Sumsel gagal melaju ke babak final usai ditaklukkan Sulsel.

BEKASI, HS – Tim sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Selatan (Sumsel) gagal melaju ke final PON Jabar XIX 2016 setelah ditaklukkan tim Sulawesi Selatan (Sulsel) di Stadion Patriot Bekasi, Senin, (26/9) dengan skor 2-0.

Pada babak pertama, anak asuh Rudy Keltjes mengusai pertandingan, serangan yang dibangun dari Manda Cingi serta Mariando belum mampu membawa Sumsel unggul, hingga babak pertama usai skor 0-0 tetap bertahan.

Sulsel mampu membuka keunggulan pada babak kedua setelah  pemain belakang yang juga merupakan kapten tim Sulsel, Adi Setyawan, pada menit ke-57 mencetak gol lewat sundulan meneruskan tendangan bebas di depan kotak penalti.

Tertinggal, para pemain Sumsel mulai kehilangan konsentrasi bermain. Akhirnya Sulsel sukses menggandakan keunggulan hanya berselang dua menit, yakni pada menit ke-59.

Gol kedua tercipta melalui tendangan bebas di depan kotak penalti. Adi Setyawan yang menendang bola mati meluncur keras ke mulut gawang tanpa mampu diblok pemain Sumsel dan penjaga gawang Jupriyanto.

“Gol cepat membuat rontok mental anak-anak kami,” ujar pelatih Sumsel, Rudy William Keltjes, usai pertandingan, Senin (26/9) petang.

Meski telah kalah, Rudy bangga dengan tim Sumsel yang telah mencapai babak perebutan juara tiga dan empat. “Saya kalah tapi anak-anak main maksimal. Saya salut sama pemain, tidak ada yang mengeluh,” ujarnya.

Dia pun mengomentari dua gol yang tercipta dari tendangan bola mati di depan gawang. “Dua gol dari bola mati. Masing-masing pemain hanya melihat bola, tidak melihat pemain lawan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan terutama di babak pertama, sambung Rudy, pemain Sumsel menguasi ball possession hampir 70%. “Kami akui kalah, target saya emas namun Allah belum mengizinkan,” ucapnya. (AND)