Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam, meresmikan Rumah Pintar Pemilu.

Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam, meresmikan Rumah Pintar Pemilu.

OI, HS – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Ilir resmi memiliki rumah pintar pemilu, yang letaknya berdekatan dengan Kantor KPUD OI.

Keberadaan rumah pintar pemilu yang diresmikan oleh Plt Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam, Selasa (4/10). Hadirnya rumah pemilu ini bertujuan untuk memberikan pendidikan serta bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua KPU OI, Annahrir mengatakan, sejak Oktober 2015 lalu sudah ada rumah pintar pemilu yang dibangun oleh KPU.

“Saat pertemuan nasional KPU di Bali, berkat rumah pintar pemilu, KPU OI berhasil mendapatkan dua kategori penghargaan dengan penilaian tentang penyampaian informasi terbanyak kepada masyarakat, melalui sosialisai radio dan sms broadcast,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kedua penilaian terkait, lantaran respon tercepat para pemilih untuk mendapatkan informasi.

“Kita harapkan kedepan terus berkembang, memberikan edukasi bagi masyarakat sebagai informasi pemilu OI maupun nasional,” tuturnya.

Lanjut Anahrir, rumah pintar diharapkan juga dapat meningkatkan hasil pemilu, baik dari sisi kuantitasnya dan kualitasnya.

“Pelaksanaan Pilkada OI rata-rata mencapai 78,67 persen tingkat partisipasi pemilih sesuai target KPU RI,” katanya.

Ahmad Naafi, anggota KPU  Provinsi Sumsel Divisi Sosialisasi yang turut hadir dalam peresmian tersebut menurutkan, tanpa partisipasi masyarakat sangat tidak mungkin pemilu berjalan baik. Dijelaskannya, pada pemilihan Gubernur sumsel tahun 2013 lalu hanya 67 persen tingkat partisipasinya. Ia berharap adanya rumah pintar dapat mengedukasi masyarakat.

“Pendidikan pemilu melalui rumah pintar KPU OI diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat OI, karena mirip dengan museum. Rumah pintar terdapat ruang visualisasi peristiwa pemilu, ruang pameran atau display,” bebernya.

Naafi menambahkan, rumah pintar OI dapat mengedukasi seluruh pihak dengan mengadopsi budaya lokal OI sehingga dapat memberikan pemahaman, dan inspirasi.

Terpisah, Plt Bupati OI, Ilyas P Alam menuturkan bahwa ada empat syarat yang terdapat di rumah pintar pemilu yaitu memiliki audio visual, ruang peraga, diskusi, dan simulasi.

“Pemkab OI menyambut baik rumah pintar pemilu serta akan mendukungnya, karena dapat memberikan informasi yang utuh dalam pelaksanaan demokrasi,” singkatnya. (EL)