Sosialisasi Kampung KB di Muaraenim dihadiri oleh Bupati, Anggota DPR RI, Kepala B

Sosialisasi Kampung KB di Muaraenim dihadiri oleh Bupati, Anggota DPR RI, Kepala BKBPP dan PA Sumsel, Kepala BKBPP dan PA Muaraenim, Camat Muaraenim, serta undangan lainnya.

MUARAENIM, HS – Desa Tanjung Raja dan Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, Kamis (6/10) mendapat kunjungan dari Komisi IX DPR RI.

Kunjungan ini terkait penerapan program Kampung Keluarga Berencana (KB)  dan sosialisasi Kampung Keluarga Berencana. Kegiatan dipusatkan di Halaman Kantor Kepala Desa Karang Raja, Muaraenim.

Hadir dalam sosialisasi Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar, Ketua DPRD, Aries HB SH, Anggota DPR RI Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE, Kepala BKBPP dan PA Sumsel. Hadir pula Kepala BKBPP dan PA Muaraenim, Ir M Nazir, Camat Muaraenim, Drs Asarli Maduddin MSi serta undangan lainnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE mengatakan dengan adanya Kampung KB, diharapkan manfaat KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Terutama di wilayah kategori miskin padat penduduk dan terpencil yang tersebar di Indonesia. Pelaksanaan Program KB sekarang lebih difokuskan kepada masyarakat tidak mampu dan tak memiliki akses fasilitas kesehatan,” terang Irma Suryani.

Dijelaskannya, integrasi Kampung KB bersama mitra kerja tahun 2016, Komisi IX DPR RI diantaranya membidangi  keluarga berencana sehingga diintegrasikan pelaksanaan sosialisasi dan peresmian Kampung KB di Desa Karang Raja Tanjung Raja, Kecamatan Muaraenim.

“Kriteria kampung KB dikategorikan karena peran masyarakat belum maksimal terhadap KB itu sendiri,” ungkapnya.

Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar menyampaikan Kampung KB adalah suatu wilayah setingkat RT atau Dusun atau setaranya yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis.

“Dengan adanya program kampung KB diharapkan dapat mendukung program Muaraenim yang Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera dengan terciptanya keluarga yang berkualitas dengan tarap hidup yang memadai,” ungkapnya. (EDW)