PALEMBANG,HS – Pesatnya pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan, ternyata telah memikat Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY). Hal ini terlihat dengan datangnya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY guna menimba ilmu di Bumi Sriwijaya.

Wakil Ketua DPRD DIY, Rani Widayati mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas pembangunan yang ada di Sumsel. Untuk itulah, dirinya bersama rekan-rekan ingin mempelajari apa yang diprogramkan oleh Provinsi Sumsel.

“Kami merasa minder dengan banyaknya loncatan-loncatan pembangunan, serta kagum pada provinsi ini yang  mampu mengoptimalkan program sekolah gratis dan berobat gratis,” ungkapnya, Selasa (12/12).

Dia menambahkan, loncatan-loncatan pembangunan yang telah diprogramkan oleeh Provinsi Sumatera Selatan patut untuk dipelajari. Dengan harapan, dapat dikembangkan di daerah yang terkenal dengan kuliner Gudeg.

“Loncatan- loncatan pembangunan provinsi Sumsel begitu menarik untuk dipelajari,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Yohanes H Toruan memaparkan berbagai kekayaan alam yang dimiliki Sumsel. Sekaligus, program unggulan yang bermuara mensejahterakan masyarakat.

“Provinsi Sumsel merupakan Provinsi yang kaya akan sumber daya alam melimpah. Sumsel sebagai salah satu lumbung pangan, dan berhasil surplus beras 2 juta ton, dan pada 2018 ditargetkan menjadi 2,5 juta ton beras,” tegasnya.

Masih kata Yohanes, Provinsi Sumsel merupakan daerah yang terkenal dengan Sport Torizem. Hal ini terbukti dengan sukses diselenggarakannya 39 event skala nasional ataupun skala internasional, dengan 39 event berskala. Semua event tersebut, berlaga di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), kompleks olahraga yang terintegrasi dalam satu kawasan.

“Kami telah berpengalaman menjadi tuan rumah event olahraga sejak 2014, dan tidak akan pernah berhenti menyelenggarakan event-event berkelas. Sebentar lagi, kami akan menyelenggarakan Asian Games 2018,” tegasnya