Dua gol dari Edin Dzeko membantu AS Roma mengalahkan tuan rumah Napoli.

Dua gol dari Edin Dzeko membantu AS Roma mengalahkan tuan rumah Napoli.

NAPLES, HS – AS Roma sukses meraih tiga poin saat  bertandang ke markas Napoli pada lanjutan kompetisi liga Italia  di San Paolo (15/10) dengan skor 1-3.

Gol kemenangan tim tamu dicetak oleh Edin Dzeko dua gol dan Mohamed Salah. Sementara gol balasan Napoli lahir dari  tandukan Kalidou Koulibaly.

Bermain sebagai tuan rumah, Napoli mencoba untuk langsung menggebrak di awal-awal pertandingan, namun lini belakang Roma bermain begitu solid, menyulitkan tim asuhan Maurizio Sarri untuk memecah kebuntuan.

Laga baru memasuki menit ke-5, tuan rumah memiliki kesempatan mencetak gol perdana via tendangan bebas. Namun sayang, eksekusi yang dilakukan oleh Lorenzo Insigne masih sedikit melebar di sisi kanan gawang Wojciech Szczesny.

Empat menit berselang, Jose Callejon menerima umpan silang yang cukup matang dari rekannya, namun tendangan yang ia lepaskan masih belum bisa mengenai sasaran dengan tepat.

Menit ke-31, lagi-lagi tuan rumah punya kans mencetak gol. Marek Hamsik melepas tembakan dari dalam kotak penalti, namun usahanya diblok dengan sempurna oleh Szczesny.

Wasit dan asistennya pun akhirnya hanya memberikan hadiah tendangan sudut untuk kubu Partenopei.

Asyik menyerang, justru Napoli yang akhirnya tertinggal lebih dulu. Di menit ke-43, Mohamed Salah merebut bola yang tengah dikuasai bek Napoli di sisi kiri pertahanan. Pemain Mesir itu dengan cepat lantas melepaskan umpan mendatar ke dalam kotak penalti, yang sukses disambar Edin Dzeko dan membawa Roma unggul 1-0.

Tak lama kemudian, wasit meniup peluit tanda laga babak pertama berakhir dan Roma untuk sementara ini unggul satu gol atas tuan rumah berkat gol pemain Bosnia.

Babak kedua lantas dimulai dan hanya butuh waktu lima menit untuk Roma menggandakan keunggulan mereka. Lagi-lagi Edin Dzeko yang menjadi aktor utama.

Bomber Bosnia itu mampu memanfaatkan bola hasil tendangan bebas Alessandro Florenzi untuk melepaskan tandukan yang menaklukkan Pepe Reina dan membawa Roma memimpin 2-0 di San Paolo.

Namun demikian, tidak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk membalas gol tersebut. Berawal dari tendangan sudut, Kalidou Koulibaly sukses mencetak gol balasan via tandukan di menit ke-58.

Usai gol tersebut terjadi, para pemain belakang Roma tampak seolah tak percaya mereka bisa kemasukan gol begitu cepat setelah sempat unggul dua gol beberapa menit sebelumnya.

Roma sendiri akhirnya memastikan kemenangan mereka di menit ke-85. Mohamed Salah menggiring bola ke dalam kotak penalti Napoli, sebelum akhirnya melepaskan tendangan mendatar ke arah sudut kiri gawang Reina dan mencetak gol ke-3 bagi tim ibu kota malam ini.

Hingga pertandingan berakhir, tidak banyak momen penting yang terjadi. Kedua tim tak mampu mencetak gol tambahan dan ketika wasit resmi meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, Roma dipastikan mencuri tiga angka penuh di San Paolo dengan mengalahkan Napoli 3-1. (AND)