LAMONGAN, HS – Dua gol pemain debutan, Luis Ricardo berhasil menyelamatkan PSM Makassar dari kekalahan kala menjalani partai tandang kontra tim juru kunci Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (2/9) sore.

Memasuki babak pertama, kedua tim sama-sama memainkan beberapa rekrutan anyar. Kedua tim bermain memulai permainan dengan cukup terbuka. Peluang pertama didapat tuan rumah melalui penyerang andalannya, Dendi Sulistiawan pada menit 10.

Lepas dari kawalan pemain belakang PSM Makassar, penyerang muda itu melepaskan tendangan kaki kanan, namun masih menyamping dari gawang tim tamu.

Menit 18 giliran tim tamu menebar ancaman melalui aksi pemain debutannya, Luis Ricardo, sundulan rekrutan anyar PSM Makassar tersebut dengan sangat baik mampu dihentikan Choirul Huda.

Selanjutnya, permainan pendek satu dua M Rahmat dan Ferdinand Sinaga yang diakhiri tembakan jarak dekat Ferdinand masih mampu diselamatkan Choirul Huda.

Setelah gagal di dua peluang awal, Luis Ricardo akhirnya bisa memecah kebuntuan melalui sundulunnya, setelah menerima umpan silang yang dilepaskan Ferdinand Sinaga pada menit 35.

Ini menjadi gol pertama penyerang nomor punggung 7 itu untuk timnya.

Beberapa menit berselang, dua kali peluang yang didapat Ferdinand Sinaga nyaris menggandakan keunggulan, sayang tendangan placing-nya yang sudah melewati Chaoirul Huda, masih menyamping di sisi gawang.

Cukup tertekan, Laskar Joko Tingkir berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time babak kedua. Seperti tidak mau kalah dari debutan tim tamu, rekrutan baru tuan rumah, Hedipo Gustavo mampu menyamakan
kedudukan, setelah tendangan jarak jauhnya berhasil menjebol gawang tuan rumah pada Menit 45+1.

Keluar dari kamar ganti, kedua tim kembali menunjukkan permainan terbuka. Namun, masih cukup pelannya tempo membuat peluang yang dapat masih bisa diselamatkan penjaga gawang masing-masing.

Menit 60 Persela terus memberikan tekanan ke lini pertahanan PSM Makassar dan membuka peluang melalui tendangan Zainal Arifin dari luar kotak penalti, namun laju bola yang cukup lemah memudahkan Davit Aryanto menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Serangan tuan rumah berhasil membuahkan gol. Setelah  penalti Dendi Sulistyawan mampu menjebol gawang PSM Makassar di menit 67. Tuan rumah berbalik ungul 2-1.

Ketinggalan, tim tamu mulai keluar menyerang. Namun, beberapa kali peluang yang didapat masih mampu diamankan Choirul Huda yang bermain cukup baik di bawah mistar Persela Lamongan.

Ketika pertandingan sepertinya akan dimenangkan tuan rumah, Luis Ricardo keluar sebagai pahlawan untuk tim barunya, gol keduanya di masa injury time menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Tambahan satu poin masih menempatkan Persela Lamongan sebagai tim juru kunci klasemen sementara dengan raihan 14 poin dari 18 pertandingan. Sementara untuk PSM Makassar tambahan satu poin membawa mereka naik satu strip ke peringkat 11 klasemen sementara. (AND)