Aksi Theo Walcott saat mencetak gol pertama Arsenal ke gawang Basel.

Aksi Theo Walcott saat mencetak gol pertama Arsenal ke gawang Basel.

LONDON, HS – Arsenal meraih kemenangan pada mach day kedua Liga Champions setelah menaklukkan tamunya, FC Basel, dengan skor 2-0 di Emirates Stadium, Kamis (29/9) dinihari.

Tuan rumah mengawali kompetisi Liga Champions dengan hasil imbang saat menghadapi Paris Saint-Germain namun menghadapi tamu dari Swiss, klub Premier League bermain penuh percaya diri.

Arsenal mendominasi tamunya dari awal pertandingan dan menit ketujuh, Theo Walcott berhasil mengubah skor. Umpan silang Alexis Sanchez diteruskan dengan sundulan dari jarak dekat yang tidak lagi bisa dihentikan kiper Tomas Vaclik.

Basel berusaha membalas dengan aksi solo Renato Steffen. Namun pertahanan Arsenal masih terlalu kuat dan Basel hanya bisa mendapat tendangan pojok.

Luca Zuffi yang mengambil tendangan pojok gagal mengirimkan bola ke rekannya yang ada di depan kiper David Ospina.

Basel kembali mencoba dengan umpan terobosan Birkir Bjarnason ke dalam kotak penalti. Namun pertahanan tuan rumah berhasil mengusir ancaman. Sesaat kemudian, umpan Eder Balanta masih terlalu jauh dari rekan-rekannya.

Umpan Sanchez di menit ke-26 kembali dimanfaatkan dengan baik oleh Walcott. Penyerang 27 tahun ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang Basel.

Walaupun sudah unggul dua gol, Arsenal masih mengejar terciptanya gol ketiga. Tapi Vaclik berulang kali melakukan penyelamatan gemilang.

Sepakan keras Sanchez di menit ke-33 masih bisa ditangkap dengan baik oleh kiper asal Republik Ceko. Tembakan keras Bellerin dari jarak 6 meter di menit ke-36 juga bisa dihentikan dengan baik oleh Vaclik.

Mesut Ozil dua kali gagal mencetak gol dari jarak dekat. Setelah sepakan Ozil di menit ke-37 hanya melebar sisi kiri gawang, sepakan gelandang asal Jerman di menit ke-41 hanya melebar di sisi kanan gawang.

Pasca turun minum, tekanan tuan rumah tidak berkurang. Setelah Sanchez berhasil merebut bola dari Marek Suchy, penyerang asal Chile mencoba memberikan bola ke Ozil di kotak penalti Basel. Sayang Ozil tidak mampu meraihnya.

Sesaat kemudian, Alex Iwobi mencoba dengan sepakan keras setelah aksi tunggalnya menerobos pertahanan Basel. Tapi tendangan Iwobi hanya melebar sisi gawang.

Ospina yang jarang mendapat tekanan dari tamunya, diuji dengan sepakan lengkung Bjarnason di menit ke-63. Kiper asal Kolombia ini masih bisa menangkap bola dengan baik. Sesaat kemudian, sepakan Bjarnason hanya melayang di atas mistar gawang.

Vaclik masih melakukan beberapa percobaan gol jelang akhir pertandingan. Setelah mematahkan tembakan pemain pengganti Alex Oxlade-Chamberlain di menit ke-88, sepakan Sanchez di menit ke-90 masih bisa ditepis oleh Vaclik.

Hasil pertandingan ini membuat Arsenal berada di peringkat dua Grup A, hanya selisih gol dengan pemimpin grup, Paris Saint-Germain, yang berhasil mengalahkan tuan rumah Ludogerets dengan skor 3-1. (AND)